Foto Bersama Pada Kegiatan Pelatihan Persiapan Karir Bagi Komunitas Disabilitas.
Sumber: Dok. Pribadi

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) menghadirkan kegiatan pelatihan yang berfokus pada Persiapan Karir Bagi Komunitas Disabilitas dengan tema "Kekuatan Dalam Keunikan: Membagun Karir Berdasarkan Identitas Diri".

Tim ini terdiri dari Rahmawati Syam, Resekiani Mas Bakar dan A. Nasrawati Hamid. Peserta diberikan bekal pengetahuan dan keterampilan untuk meraih sukses dalam perencanaan dan pengembangan karir. Salah satu anggota tim, Rahmawati Syam memulai kegiatan dengan pre-test, perkenalan, serta memberikan materi tentang bagaimana memulai karir, menghadapi wawancara kerja, simulasi wawancara, serta pembuatan dan penggunaan LinkedIn. Kegiatan ditutup dengan post-test serta evaluasi pelatihan.

Peserta pelatihan terdiri dari delapan mahasiswa disabilitas, khususnya mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan, yang tergabung dalam sebuah komunitas mahasiswa disabilitas di Makassar. Kegiatan ini juga dihadiri oleh mitra dalam hal ini komunitas Sahabat Disabilitas Makassar dan Career Development Center sebagai unit pengembangan karir mahasiswa dan alumni UNM.

Kegiatan berlangsung di ruang BM 103 Fakultas Psikologi UNM dan diikuti dengan antusiasme peserta. Yoga selaku Ketua Persatuan Tunanetra (Pertuni) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian, ilmu, dan pengalaman yang diberikan. Mereka berharap adanya lebih banyak kegiatan pengembangan kompetensi seperti ini agar mereka semakin percaya diri menghadapi masa depan.

Selama pelatihan berlangsung, atmosfer penuh semangat, haru, dan kebahagiaan terlihat saat peserta berbagi pengalaman dengan teman-teman sesama difabel. Kegiatan ini sejalan dengan Pasal 11 Undang-Undang (UU) No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang menegaskan hak penyandang disabilitas dalam hal pekerjaan, kewirausahaan, dan koperasi tanpa diskriminasi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan peluang yang lebih luas bagi difabel yang ingin melanjutkan karir dengan perencanaan matang serta mendapatkan berbagai tips dan trik yang bermanfaat dalam berkarir. 

Posting Komentar