Kegiatan Mimpi Anak Pesisir 2023 oleh Komunitas Kejar Mimpi.
Sumber: Dok Panitia

Komunitas Kejar Mimpi Makassar melaksanakan kegiatan Mimpi Anak Pesisir 2023 pada (2-3/09/2023) di Pulau Lanjukang, Kota Makassar. 

Pada kegiatan ini, Kejar Mimpi Makassar menggandeng beberapa komunitas untuk menjadi kolaborator, yakni Forum Genre Sulawesi Selatan, Sikola Cendekia Pesisir, Bimm Studio, Pemuda Sedekah, dan Kahf Brotherhood Community.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar anak-anak dan memberikan pemahaman kepada masyarakat Pulau Lanjukang dalam memanfaatkan sumber daya alam setempat serta limbah yang berupa kerang, untuk diolah menjadi barang yang bernilai dan kemudian dapat dipasarkan. Tujuan tersebut diwujudkan dalam program Pojok Mimpi dan Kriya Karya. 

Selain itu, terdapat pula agenda penyuluhan kesehatan yang bertujuan untuk memeriksa kondisi kesehatan dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai cara hidup sehat.  

Sementara itu, warga Pulau Lanjukang menyambut dengan baik kegiatan ini, salah satunya Pak Aswar.

“Harapannya dengan diadakannya program ini dapat menyemangati anak-anak untuk terus belajar dan adanya pelatihan pembuatan kerajinan dapat menambah penghasilan tambahan masyarakat Pulau Lanjukang dengan menjual hasil kerajinan dengan memanfaatkan kerang-kerang yang ada di pinggir pantai kepada pengunjung yang datang. Kita bisa memperlihatkan kepada pengunjung bahwa ini hasil karya masyarakat Pulau Lanjukang,” ujarnya.

Kegiatan Mimpi Anak Pesisir 2023 diikuti oleh lebih dari 40 warga Pulau Lanjukang, yang terdiri dari anak-anak dan juga orang dewasa. 

Adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberi dampak yang positif bagi warga Pulau Lanjukang.

“Kami berharap dapat terus melanjutkan apa yang sudah kami mulai di Pulau Lanjukang dengan melihat antusias warga dalam mengikuti tiap rangkaian kegiatan yang dilaksanakan,” kata Dimas Kusuma, Head Program Officer Kejar Mimpi Makassar.

Kesan antusias dalam kegiatan ini tak lepas dari keterlibatan lima komunitas yang saling berkolaborasi mengisi setiap rangkaian agenda. Kebersamaan yang terjalin antar komunitas tak hanya membuat agenda berjalan dengan lancar dan efektif, namun juga menghadirkan suasana kekeluargaan dan euforia di antara seluruh pihak yang terlibat, yang berlangsung selama dua hari satu malam.

Kejar Mimpi Makassar adalah komunitas anak muda yang diinisiasi oleh CIMB Niaga yang mengacu pada empat pilar untuk bergerak, yaitu pendidikan, pembangunan ekonomi sosial, lingkungan, dan filantropi. Tahun 2023, Kejar Mimpi Makassar berfokus pada pilar pendidikan dan lingkungan. 

Posting Komentar