Pamflet Expo Hari Santri 2023.
Sumber: Dok. Panitia

Psikogenesis, Kamis (26/10) – Dalam rangka memperingati Hari Santri, Yayasan Dana Islamic Centre Ikatan Masjid Mushalla Indonesia Muttahidah (YASDIC IMMIM) bekerja sama dengan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama Sulawesi Selatan dalam menyelenggarakan kegiatan Expo Hari Santri 2023 dengan tema "Jihad Santri Jayakan Negeri" yang dilaksanakan pada hari Minggu-Selasa (22-24/10) lalu.

Sahwa Ainul Maghfirah selaku mahasiswa utusan Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), menjelaskan bahwa YASDIC IMMIM dan PD Pontren Kementerian Agama Sulawesi Selatan mengadakan Expo Hari Santri 2023 dengan fokus pada empat pilar eksistensi pondok pesantren.

“YASDIC IMMIM dan PD Pontren Kementerian Agama Sulawesi Selatan akan mengadakan Expo Hari Santri 2023 dengan tema 'Jihad Santri Jayakan Negeri' fokus pada empat pilar pondok pesantren, ialah Pesantren Ramah Anak/Sehat, Ecopesantren, Pesantren Pancasila, dan Pesantren Santripreneur atau Kemandirian,” jelasnya.

Selain itu, Sahwa juga memaparkan tujuan dari kegiatan ini yaitu mendukung para santri dan pesantren dalam berkarya, mempublikasikan karyanya, serta meningkatkan kepercayaan diri dalam pembentukan karakter unggul.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan ruang bagi para santri dan pesantren untuk berkarya, mempublikasikan karya mereka, dan meningkatkan kepercayaan diri santri dalam pembentukan karakter unggul,” paparnya.

Lebih lanjut, Sahwa menuturkan bahwa stand FPsi UNM dalam Expo Hari Santri berjalan lancar dan mendapat banyak perhatian dari santri, pengunjung Expo, serta para pembina yang ikut hadir dalam acara tersebut.

“Dalam kegiatan Expo hari Santri ini stand fakultas psikologi tidak mengalami kendala dan sebaliknya mendapat banyak pengunjung dari kalangan santri, pengunjung dan para pembina yang turut hadir dalam kegiatan ini,” tuturnya.

Sebagai penutup, Sahwa berharap agar kegiatan Expo Hari Santri dapat memperkenalkan Psikologi kepada masyarakat, membantu individu dengan masalah psikis berat melalui Pusat Layanan Psikologi (PLP) sebagai solusi bagi berbagai kebutuhan bantuan Psikologis.

"Saya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini (baca: Expo Hari Santri) dapat lebih memperkenalkan psikologi kepada masyarakat. Ini bisa membantu orang yang mengalami masalah psikis berat untuk mencari bantuan yang bermanfaat dan aman, seperti Pusat Layanan Psikologi, sebagai solusi bagi berbagai masalah psikis dan kebutuhan bantuan psikologis lainnya," tutupnya. (015) 

Posting Komentar