Formulir Pendaftaran Seleksi KDMI  FPsi UNM
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Kamis (09/05) – Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan seleksi untuk delegasi tingkat fakultas pada Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2024 mendatang.

Andi Megawati Mardhatilah selaku panitia seleksi mengungkapkan bahwa tidak ada target spesifik untuk pendaftar, tetapi panitia seleksi berharap setidaknya ada empat sampai delapan tim yang mendaftar.

“Tidak ada target spesifik, tapi kami (baca: panitia seleksi) berharap setidaknya ada empat sampai delapan tim yang mendaftar,” ungkapnya.

Mahasiswi yang akrab disapa Mega itu juga menuturkan bahwa pendaftaran dibuka hingga Kamis (9/5) pukul 22.00 WITA dan yang menjadi syarat utama adalah pendaftar merupakan mahasiswa aktif FPsi UNM yang dibuktikan dengan Kartu Rencana Studi (KRS).

“Pendaftarannya dibuka hingga 9 Mei pukul 22.00 WITA. Syaratnya, mahasiswa aktif FPsi UNM yang dibuktikan dengan KRS,” tuturnya.

Lanjut, Mahasiswi Angkatan 2021 ini juga mengungkapkan bahwa terdapat beberapa aspek yang akan dinilai, namun kekuatan argumentasi dan pemahaman terhadap mosi merupakan aspek terpenting.

“Ada beberapa aspek, namun yang terpenting itu kekuatan argumentasi dan pemahaman terhadap mosi,” ungkapnya.

Mega juga menjelaskan bahwa peserta diwajibkan untuk mencari tim, karena mekanisme debat yang digunakan merupakan sistem debat gaya parlemen Inggris. Ia juga mengatakan bahwa dalam satu sesi debat akan terdiri dari empat tim yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu sisi pembuka, penutup dan sisi pemerintah dan oposisi.

“Perlombaan ini akan diadakan secara tim, jadi jika peserta tidak memiliki tim, maka peserta diwajibkan mencari tim, karena mekanisme debat yang digunakan itu merupakan mekanisme British Parlementary, di mana satu tim beranggotakan dua orang. Itulah kenapa di formulir pendaftaran kami (baca: panitia seleksi) butuh dua orang, anggota satu dan anggota dua. Jadi nanti dalam satu sesi debat itu akan terdiri dari empat tim yang terbagi menjadi dua jenis. Ada sisi pembuka dan sisi penutup. Ada sisi pemerintah dan sisi oposisi. Jadi nanti ada satu tim yang menjadi pemerintah pembuka dan oposisi pembuka. Ada yang menjadi pemerintah penutup dan oposisi penutup,” jelasnya.

Mega juga menuturkan bahwa mosi akan dibagikan 15 menit sebelum debat dimulai.

“Jadi nanti di pengumuman mosi kita bukan prepared motion, tetapi impromptu. Jadi untuk mosi itu dibagikan lima belas menit sebelum debat dimulai,” tuturnya.

Sebagai tambahan, Mega mengungkapkan bahwa untuk pihak jurinya itu ada dari Phinisi Debating Society (PDS) dan ada beberapa dari FPsi.

“Untuk pihak jurinya sendiri itu ada dari PDS (baca: Phinisi Debating Society) dan ada beberapa dari FPsi juga,” tambahnya.

Sebagai penutup, Mega berharap seleksi ini dapat berjalan dengan lancar dan seleksi ini juga dapat menjadi gambaran kepada peserta mengenai mekanisme perlombaan debat, sehingga seleksi ini tidak hanya menjadi kompetisi. Namun juga ajang pembelajaran dan pelatihan berpikir kritis kepada peserta.

“Meskipun pendaftaran dan pelaksanaannya dipersiapkan secara singkat, namun kami (baca: panitia seleksi) harap seleksi ini dapat berjalan dengan lancar. Kami juga berharap seleksi ini menjadi gambaran kepada peserta mengenai mekanisme perlombaan debat, sehingga seleksi ini tidak sekedar menjadi kompetisi tapi juga ajang pembelajaran dan pelatihan berpikir kritis kepada peserta,” tutupnya. (CA)

Posting Komentar