Kegiatan Career Experience Day by Kalla
Sumber: Dok. Panitia

Psikogenesis, Rabu (22/05) – Career Experience Day by Kalla dimeriahkan oleh seluruh anak Perusahaan Kalla termasuk PT (Perseroan Terbatas) Bumi Karsa yang dilaksanakan di Lantai II Gedung Wisma Kalla, Ballroom Sao Raja pada Rabu-Kamis (15-16/05) kemarin.

Marsha Chaerunnisa selaku Mahasiswa BKP (Bentuk Kegiatan Pembelajaran) Magang di PT Bumi Karsa mengatakan bahwa Career Experience Day by Kalla ini akan terlaksana selama dua hari dan mahasiswa magang juga turut diikutsertakan untuk berkontribusi sebagai panitia dalam Career Experience Day by Kalla dengan mempersiapkan booth bagi Kalla Construction.

“Jadi Career Experience Day by Kalla ini dilaksanakan selama dua hari dan kami sebagai mahasiswi BKP magang juga ikut terlibat sebagai panitia dalam mempersiapkan booth untuk Kalla Construction itu sendiri,” ucapnya.

Mahasiswa yang akrab disapa Marsha ini menjelaskan bahwa Mahasiswa BKP Magang mempersiapkan booth Career Experience Day by Kalla dimulai dari Loading In hingga Loading Out barang juga termasuk dalam mendekor booth Kalla Construction.

“Saya dan teman magang lain banyak terlibat dalam persiapannya mulai dari loading in barang sampai loading out barang, terus juga banyak bantu mendekor boothnya Kalla Construction. Di hari pertama dan kedua juga kami turut mengarahkan para peserta untuk main ke boothnya Kalla Construction, terus juga kami banyak berinteraksi dengan peserta sekaligus panitia lainnya dalam mempersiapkan event ini (baca: Career Experience Day by Kalla),” ujarnya.

Andi Dwi Rara Risty selaku Human Capital Business Partner (HCBP) Assistant Manager PT Bumi Karsa menjelaskan tujuan dari terlaksananya Career Experience Day by Kalla yaitu untuk mengenalkan kepada mahasiswa dan masyarakat yang sedang mencari kerja terkhusus bagi Kalla Group itu sendiri dengan mengundang seluruh mahasiswa dengan kampus pilihan yang ada di Kota Makassar.

“Kegiatan Career Experience Day kemarin itu tujuannya semacam job street gitu mengenalkan kepada mahasiswa-mahasiswa atau masyarakat yang mencari kerja khususnya untuk info-info lowongan kerja yang ada di Kalla Group. Jadi disitu kita eventnya mengundang seluruh mahasiswa yang ada di Makassar tapi hanya beberapa kampus terpilih, ada Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan kampus-kampus lainnya,” jelasnya.

Asisten Manajer yang akrab disapa Rara ini juga mengatakan bahwa ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan selain lowongan kerja yaitu Dokter CV (Curriculum Vitae), Interview Simulation, dan Career Counseling.

“Selain ada info lowongan kerja, kita juga mengadakan CV Doctor. Jadi di CV Doctor sendiri itu kita ngajarin bagaimana mahasiswa-mahasiswa dapat membuat CV yang baik dari kakak-kakak yang sudah expert di bidangnya. Lalu ada interview simulation disitu kelasnya kita mengajarkan mahasiswa tips dan trik interviu dari kakak-kakak HCBP. Lalu terakhir ada career counseling yang di bawahin langsung sama General Manager yang memang sudah berkarir dari staf jadi pengalamannya sudah banyak,” ujarnya.

Selanjutnya, Rijal Fajriatul Ikhsan selaku Recruitment and Performance Section Head Departemen HCBP PT Bumi Karsa juga menambahkan bahwa dari PT Bumi Karsa sendiri telah mempersiapkan beberapa hal dalam pelaksanaan Career Experience Day by Kalla kemarin diantaranya membuka beberapa vacancies bagi para peserta diantaranya Quantity, Quality, Drafter, Surveyor, Pelaksana, dan HSE (Health, Safety, and Environment) Officer.

“Kalau dari Bumi Karsa sendiri ada beberapa vacancies yang dipersiapkan untuk disebar, kurang lebih ada enam diantaranya Quantity, Quality, Drafter, Surveyor, Pelaksana, dan HSE Officer, itu kalau dari sisi rekrutmennya,” ucapnya.

Rijal juga mengungkapkan bahwa hasil akhir yang dilihat oleh PT Bumi Karsa dari kegiatan Career Experience Day by Kalla yaitu dengan melihat banyaknya para peserta yang telah melamar pada beberapa vacancies yang telah disediakan.

“Kalau dari outputnya sendiri, kan ada beberapa vacancies yang dibuka. Kalau dari keenam vacancies kemarin ada beberapa pelamar yang sudah apply, mungkin sudah ada sekitaran lima puluhan orang pelamar yang sudah apply dan itu yang jadi output kita,” ungkapnya pada hari Jumat (17/05).

Rijal juga berharap setelah terlaksananya Career Experience Day by Kalla ini nantinya dapat dikenal lebih oleh mahasiswa yang memiliki potensi dapat bergabung bersama di PT Bumi Karsa.

“Harapan saya itu semoga PT Bumi Karsa ini dikenal banyak oleh adik-adik mahasiswa dan juga semoga dengan adanya event kemaren, para mahasiswa yang merasa dirinya punya potensi dapat bergabung ke perusahaan kita,” harapnya.

Adapun Alya selaku peserta yang turut antusias atas kegitan Career Experience Day by Kalla ini mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi dirinya untuk mengejar peluang karir dan dapat berinteraksi secara langsung dan mendapatkan pemahaman yang jelas tentang lingkungan kerja secara langsung.

“Eventnya sangat seru, karena memotivasi saya untuk mengejar peluang karir sekaligus dikasih kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para perwakilan perusahaan Kalla dan mendapatkan pemahaman dan gambaran yang jelas tentang bagaimana bisa berkontribusi dalam lingkungan kerja yang beragam seperti di perusahaan Kalla,” tuturnya.

Sebagai penutup, Alya mengharapkan agar kegiatan Career Experience Day by Kalla ini dapat terus terlaksana dengan peningkatan yang lebih baik setiap tahunnya.

“Saya berharap agar event ini dapat terus diadakan secara berkala dengan peningkatan konten dan pengalaman yang lebih baik setiap tahunnya,” ucapnya. (MRR)

Posting Komentar