Foto kegiatan psikoedukasi Membangun Motivasi Belajar dan Mencegah Bullying: Menuju Lingkungan Sekolah yang Positif
Sumber: Dok. Panitia

Tim Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Asistensi Mengajar mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Makassar (UNM) melaksanakan psikoedukasi dengan tema “Membangun Motivasi Belajar dan Mencegah Bullying: Menuju Lingkungan Sekolah yang Positif” terhadap siswa-siswa pada Senin-Rabu (06-08/05).

Perwakilan Mahasiswa BKP Suhartila mengatakan bahwa psikoedukasi ini bertujuan untuk memberikan ilmu baru serta pembekalan bagi siswa-siswa di SMK Negeri 4 Makassar sesuai dengan hasil need assessment yang telah dilakukan bersama tim.

“Psikoedukasi ini dilakukan berdasarkan hasil observasi dan need assessment yang telah kami lakukan sebagian besar siswa menjawab bahwa mereka sering bolos pelajaran ataupun bolos sekolah, dan berdasarkan observasi kami dan informasi yang diperoleh dari guru BK (baca: Bimbingan dan Konseling) dan beberapa guru lain, bahwa di SMK Negeri 4 Makassar ini banyak terjadi pembullyan baik verbal maupun non verbal di kalangan siswa dan  siswi Untuk itu, kami melakukan psikoedukasi ini untuk memberikan ilmu baru serta pembekalan bagi siswa dan siswi SMK Negeri 4 Makassar,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa psikoedukasi ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, hari pertama diawali oleh kegiatan pembukaan yang dihadiri oleh Dosen Pembibing Lapangan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan guru Bimbingan Konseling (BK). Setelah sesi pembukaan dilanjutkan pemberian materi terkait motivasi belajar yang dibawakan oleh salah satu dosen FPsi UNM.

"Kami sangat bersyukur atas respon positif dari peserta terhadap acara psikoedukasi yang kami susun dengan sepenuh hati. Mulai dari kehadiran Dosen Pembimbing Lapangan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, hingga guru BK, dan juga materi-materi yang kami persiapkan. Dimana hari pertama itu pemberian materi terkait motivasi belajar oleh dosen Fakultas Psikologi"

Hari kedua diawali dengan penayangan film pendek terkait bullying dan dilanjutkan dengan pemberian materi terkait bully dan hari terakhir dibuka dengan pemberian materi terkait tata tertib sekolah yang dibawakan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan yaitu Bapak Abd Aziz Olly dan dilanjutkan dengan pemberian relaxation teraphy berupa butterfly hug yang dipandu oleh anggota tim BKP dan sebagai penutup acara para peserta dibagika sticky notes  kemudian diminta untuk menuliskan harapan mereka dan ditempelkan di papan harapan.

"Hari kedua materi bullying, dan hari terakhir itu pemberian relaxation teraphy butterfly hug dan juga penulisan harapan di papan harapan oleh peserta. Melihat antusiasme dan dampak positif yang dirasakan peserta selama tiga hari berturut-turut, kami yakin bahwa langkah ini adalah awal yang baik untuk membawa perubahan yang positif di lingkungan sekolah kami," 

Sebagai penutup,  Yuda yang merupakan salah satu peserta dari psikoedukasi mengatakan bahwa psikoedukasi ini sangat penting dan membantu siswa-siswi SMK Negeri 4 Makassar meningkatkan motivasi belajar dan bagaimana pencegahan bullying di lingkungan sekolah, karena menurut pengakuannya belum pernah ada psikoedukasi atau kegiatan semacam ini yang pernah dilaksanakan di SMK Negeri 4 Makassar

Workshop-nya sangat bagus dan bermanfaat bagi kami karena siswa skapat kurang mendapatkan materi seperti itu, selama sekolah di skapat baru dapat materi kek gitu, tentang motivasi belajar sangat penting dibawkaan dan sangat bermanfaat karena siswa skapat kurang motivasinya untuk belajar dan untuk bully karena bullying sangat sering terjadi di skapat jadi kek relateable ki sama keadaan yang ada, relaxation theraphy sangat bagus membuat perasaan rilex, berterimakasih ke diri karena sudah berjuang. Untuk keseluruhann bagus sekali dan seru.” tutupnya.

Posting Komentar