Foto Kegiatan Psikoedukasi Work Life  Balance
Sumber: Dok. Pribadi


Tim Mahasiswa Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Magang Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) di PT. Sinar Sosro menyelenggarakan Psikoedukasi bagi seluruh karyawan PT. Sinar Sosro Kantor Penjualan Wilayah (KPW) Kalimantan Sulawesi (KSI) pada (24/05) lalu.

Muh. Alif Wirawan atau yang akrab disapa Alif selaku Ketua Tim BKP Magang PT. Sinar Sosro menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan Psikoedukasi ini adalah untuk mengedukasi dan mendorong karyawan PT. Sinar Sosro dalam menerapkan keseimbangan kehidupan kerja dan mengangkat tema “Work Life Balance: Menjadi Produktif dan Sehat Mental”. 

“Psikoedukasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengedukasi dan mendorong karyawan PT. Sinar Sosro dalam menerapkan work life balance dan mengangkat tema “Work Life Balance: Menjadi Produktif dan Sehat Mental,” jelasnya.

Alif menyebutkan bahwa psikoedukasi yang diadakan merupakan hasil need assessment yang telah dilakukan oleh tim mahasiswa BKP kepada seluruh karyawan PT. Sinar Sosro KPW KSI sebelumnya. 

“Pelaksanaan psikoedukasi ini tentunya didasarkan pada hasil need assessment yang telah tim kami lakukan sebelumnya. Kami menemukan adanya kecenderungan masalah mengenai pola kerja karyawan yang tidak seimbang antara pekerjaan dan kehidupan pribadinya,” sebutnya. 

Afifah Aprillah atau April selaku anggota tim menambahkan bahwa psikoedukasi ini dirangkaikan dengan Training, New Employee Orientation Program (NEOP), Filosofi, dan Value Perusahaan kepada seluruh karyawan. 

“Sebenarnya psikoedukasi ini dimasukkan dalam rangkaian Training NEOP, Filosofi, dan Value Perusahaan yang diselenggarakan oleh tim HC perusahaan,” jelasnya. 

April juga menyampaikan bahwa pelaksanaan psikoedukasi ini diikuti oleh 32 karyawan PT. Sinar Sosro KPW KSI dari semua divisi yang penempatannya di kantor KPW KSI. Penyampaian materi berlangsung kondusif dan dibuat menyenangkan dengan memberikan aktivitas permainan sebelum penyampaian materi. 

“Sebanyak 32 karyawan PT. Sinar Sosro KPW KSI mengikuti Psikoedukasi ini. Karyawan berasal dari semua divisi yang penempatannya di kantor KPW KSI. Kami melihat antusiasme dari para karyawan yang bersedia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Selain itu, mereka juga sangat semangat dan banyak tertawa selama ice breaking”, ungkapnya.

Sebagai penutup, Bapak AT Jonet Wahyu Pamungkas selaku Human Capital Manajer mengungkapkan harapannya agar seluruh karyawan dapat menyerap ilmu baru mengenai keseimbangan kehidupan kerja serta menerapkannya. 

“Saya harap Bapak Ibu (baca: Karyawan PT. Sinar Sosro KPW KSI) semua bisa mendapat ilmu baru dan bisa diterapkan Work Life Balance ini,” tutupnya.

Posting Komentar