Foto Kegiatan Webinar Komunikasi Efektif 
Sumber: Dok. Pribadi

Tim Mahasiswa Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Magang Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggarakan Webinar Komunikasi Efektif bagi para Karyawan Bank Alinma pada Rabu (08/05) lalu. 

Zahrani Khairunnisa selaku ketua tim BKP magang Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Alinma Kantor Cabang (KC) Pangkep menjelaskan bahwasanya webinar ini diangkat berdasarkan hasil need assessment dimana komunikasi merupakan kunci untuk menjaga hubungan internal organisasi dan keberlangsungan suatu perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan publik. Oleh karena itu, webinar ini mengusung tema “Persuasion Hacks: Unlocking The Secrets of Effective Communication”.

“Tema Persuasion Hacks: Unlocking The Secrets of Effective Communication kami (baca: Peserta Magang) angkat berdasarkan hasil need assessment yang telah dilakukan sebelumnya. Bagi karyawan, komunikasi menjadi kunci dalam menjaga hubungan internal organisasi serta bagi keberlangsungan suatu perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan publik,” tutur Zahrani.

Lanjut, Zahrani menjelaskan bahwa Webinar Komunikasi Efektif ini dilaksanakan melalui aplikasi Zoom pada Rabu (08/05) lalu dan dipimpin oleh Rahmawati Syam yang merupakan Dosen FPsi UNM sekaligus Psikolog Industri dan Organisasi sebagai pemateri, Najiba Alimuddin selaku Moderator dan Annisa Dwi Maulidiah sebagai Master of Ceremony. 


"Webinar Komunikasi Efektif ini dilaksanakan pada tanggal 8 Mei, dipimpin oleh Ibu Rahmawati Syam sebagai Pemateri, Kak Najiba Alimuddin sebagai Moderator yang memandu jalannya webinar, dan Annisa Dwi Maulidiah selaku Master of Ceremony dalam memandu pembukaan webinar," lanjutnya. 

Lebih lanjut, Athira Izzah Auliya yang merupakan anggota kelompok magang BPR Alinma KC Pangkep  menjelaskan bahwa Webinar ini dihadiri oleh 42 karyawan Bank Alinma dan Dosen FPsi UNM.

"Terdapat total 42 peserta yang merupakan Karyawan Bank Alinma pusat dan Bank Alinma KC Pangkep serta Dosen FPsi UNM yang mengikuti webinar ini," jelasnya.

Ainul Fitri Radiah anggota tim lainnya menyampaikan rasa terimakasih kepada Petinggi Bank Alinma dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang menyetujui dan mendukung berjalannya webinar serta kepada peserta dan Dosen FPsi yang telah antusias mengikuti webinar sehingga webinar sukses diselenggarakan.

“Kami berterima kasih atas persetujuan dan dukungan penuh dari Dewan Komisaris, Direksi, Pemimpin Cabang, karyawan Bank Alinma, hingga dosen FPsi UNM yang telah hadir dalam pelaksanaan webinar ini. Antusiasme dari mereka menjadi faktor utama dalam kesuksesan webinar yang kami adakan,” ucap anggota tim BKP magang lainnya.

Lanjut, Pelaksanaan webinar dimulai dengan sambutan hangat dari Pemimpin Cabang Bank Alinma KC Pangkep. Selanjutnya, penyampaian materi berjalan kondusif berkat perhatian penuh dari seluruh peserta. Interaksi yang interaktif oleh pemateri dan peserta juga terjadi selama sesi diskusi dan tanya jawab, sehingga tidak sedikit diantara peserta merespon dan mengajukan pertanyaan. 

“Proses pelaksanaan webinar diawali dengan pembukaan yaitu sambutan dari Pimpinan Cabang Bank Alinma KC Pangkep, dan dilanjut dengan penyampaian materi dan sesi tanya jawab. Proses penyampaian materi juga berjalan dengan baik, berkat banyaknya peserta yang aktif merespon pemateri dan memberikan serta menanggapi pertanyaan. Berbagai pertanyaan juga diajukan oleh peserta kepada pemateri di sesi tanya jawab mulai dari bagaimana strategi menghadapi nasabah dengan latar belakang yang beragam hingga komunikasi yang dapat dilakukan apabila nasabah dalam suasana hati yang buruk,” terangnya.

Di akhir webinar, peserta mengungkapkan harapan mereka untuk ke depannya yang berharap agar ilmu yang mereka peroleh mengenai komunikasi efektif dapat diterapkan sehari-hari, terutama strategi berkomunikasi dengan nasabah. Selain itu, terdapat ketertarikan yang tinggi agar webinar serupa dapat diadakan kembali di masa mendatang.

"Strategi komunikasi efektif yang disampaikan tadi semoga bisa kami (baca: peserta webinar) implementasikan, baik itu kepada internal organisasi ataupun pihak-pihak eksternal. Saya juga berharap webinar seperti ini sering diadakan ke depannya," pinta salah seorang peserta yang juga merupakan karyawan Bank Alinma.

Sebagai penutup, Audina selaku mentor dari tim BKP magang turut menyampaikan kesan dan pesannya terkait pelaksanaan webinar ini. 

“Webinar seperti ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi karyawan. Seperti yang kita ketahui, dengan adanya pengetahuan dan pemahaman mengenai komunikasi dapat meningkatkan kualitas diri kita sendiri. Oleh karena itu, ini tidak hanya penting untuk seluruh karyawan melainkan juga untuk diri pribadi,” tutupnya.

Posting Komentar