Poster Pendaftaran Kepanitiaan DJ XVII LPM Psikogenesis
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Rabu (12/06) - Diklat Jurnalistik (DJ) XVII oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Psikogenesis Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka pendaftaran kepanitiaan secara terbuka melalui Google Form pada Senin-Minggu (10-16/06).  

Sahira Cicely Jayapratiwi Mantol selaku Person In Charge (PIC) DJ XVII menjelaskan bahwa DJ XVII merupakan program kerja Departemen Litbang LPM Psikogenesis yang bertujuan sebagai wadah pengembangan minat dan bakat mahasiswa FPsi dalam bidang jurnalistik.   

”Diklat Jurnalistik merupakan salah satu program kerja Departemen Litbang yang memiliki tujuan sebagai tempat pengembangan minat dan bakat mahasiswa psikologi pada bidang jurnalistik. Nah, DJ ini juga hadir sebagai langkah awal untuk mahasiswa Fakultas Psikologi yang ingin menjadi anggota maupun keluarga besar LPM Psikogenesis,” jelasnya.  

Mahasiswi yang akrab disapa Sahira itu mengungkapkan kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi panitia, yaitu merupakan mahasiswa aktif Fakultas Psikologi UNM yang dapat berkomitmen secara penuh dalam kepanitiaan DJ XVII.  

”Untuk kriteria panitia dapat dilihat pada guidebook DJ XVII. Kriteria umumnya, yaitu merupakan mahasiswa aktif Fakultas Psikologi UNM dan orang yang dapat berkomitmen secara penuh pada kepanitiaan DJ XVII,” ungkapnya.  

Sahira menuturkan bahwa dibutuhkan enam divisi untuk pelaksanaan DJ XVII yaitu, Event Organizer, Administration, Fundraiser, Creative Production, Public Relation, dan Equipment dengan target kurang lebih sekitar 30 orang.  

“Terdapat enam divisi yang diperlukan di DJ, yaitu Event Organizer yang bertugas merancang teknis dan memonitoring kegiatan DJ XVII 2024. Lalu ada Administration yang bertugas pada bagian yang bersifat administratif. Ada juga Fundraiser yang bertugas untuk melakukan pengumpulan dana kreatif dan menyediakan konsumsi selama kegiatan berlangsung. Setelah itu, ada Creative Production dengan tugas mempublikasi dan mendokumentasikan kegiatan. Lalu, terdapat Public Relation yang bertugas untuk mengoordinasi hal-hal yang berhubungan dengan pihak luar maupun sponsor yang dibutuhkan. Terakhir, ada Equipment yang bertugas untuk mengoordinasi dan menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Untuk target sendiri sebenarnya tidak ada spesifiknya berapa, namun kurang lebih 30-an orang,” tuturnya.  

Sahira menambahkan dengan mengikuti kepanitiaan DJ XVII akan mendapatkan berbagai benefit yang bermanfaat.  

“Untuk kepanitiaan DJ XVII 2024 tentu saja mendapatkan benefit berupa pengalaman dalam kepanitiaan, sehingga mendapatkan relasi internal yang baik di lingkup kampus. Kepanitiaan ini juga memberikan benefit berupa sertifikat resmi dari LPM Psikogenesis, dan rekomendasi Linkedln bagi yang memerlukan pada Linkedln mereka (baca: panitia),” tambahnya.   

Sebagai penutup, Sahira berharap agar kepanitiaan DJ XVII dapat berjalan dengan baik serta lancar dan diharapkan seluruh panitia dapat berkomitmen dan bertanggungjawab penuh terhadap tugasnya.  

“Saya sebagai PIC berharap semoga kepanitiaan Diklat Jurnalistik XVII 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar hingga hari pelaksanaan. Kalaupun ada konflik, saya berharap dapat diselesaikan dengan baik. Saya juga berharap bahwa setiap panitia dapat berkomitmen dan bertanggungjawab secara penuh dengan tugas-tugas yang diberikan pada kepanitiaan Diklat Jurnalistik XVII 2024,” tutupnya. (LA) 

 

Posting Komentar