A. Profil
Psikogenesis merupakan sebuah lembaga jurnalistik kampus yang berada pada tingkatan fakultas. Psikogenesis terbentuk untuk menjembatani kebekuan informasi antara lembaga kemahasiswaan dengan mahasiswa. Cikal bakal Psikogenesis nampak pada periode kepengurusan BEM periode 2003/2004 yang ditandai dengan diadakannya pendidikan dan latihan (DIKLAT) jurnalistik untuk pertama kalinya. DIKLAT tersebut hasil kerja sama pengurus BEM dengan Profesi UNM. Namun pada saat itu, tidak sampai pada pembentuk lembaga jurnalistik tapi hanya dimasukkan pada program kerja BEM.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 2006 beberapa pencetus DIKLAT pertama tersebut kemudian menggalang dukungan untuk pembentukan sebuah lembaga jurnalistik kampus yaitu Dimas, Fatra dan Irwan S. Hal tersebut kemudian mendapatkan respon positif dari mahasiswa psikologi seperti Sukri S, Melky M, Suryadi T, Arman M.Y., Nursyamsu I., Yusran H. Kesembilan Personil tersebut selanjutnya menyusun format lembaga beserta kelengkapan pembentukan lembaga jurnalistik. Setelah semuanya lengkap, diadakanlah Musyawarah Besar (MUBES) Psikogenesis untuk pertama kalinya. Adapun agenda MUBES tersebut mendengarkan masukan forum tentang AD/ART dan BGPK Lembaga, Pemilihan Pimpinan Umum untuk periode 2006-2008, Serta Proyeksi Kelembagaan.

Pimpinan Umum periode 2006-2008 : Aidhil Pratama.
Pimpinan Umum periode 2008-2009 : Suryadi Tandiayuk.
Pimpinan Umum periode 2009-2011 : Ardiansyah Jasman.
Pimpinan Umum periode 20011-20 : Wawan Kurniawan.

B. Visi & Misi
visi:Sebagai wadah pendidikan, kajian dan penerapan jurnalistik dikalangan mahasiswa psikologi UNM pada khususnya dan masyarakat pada umumnya sebagai upaya membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan handal.
Misi:

-
Menghasilkan mahasiswa yang memiliki kompetensi dalam bidang jurnalistik.
-
Sebagai wadah untuk mengkaji isu-isu kontemporer.
-
Sebagai penyalur aspirasi mahasiswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
- Seb
agai media informasi bagi mahasiswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
C. Sekertariat
Jln. A.P. Pettarani Kampus Gunungsari Baru UNM
Fakultas Psikologi UNM