Perhelatan besar akan dipersembahkan oleh angkatan 2008 untuk semua elemen psikologi pada malam inaugurasi. Inaugurasi bukan hanya akan menciptakan keakraban tetapi juga akan menjadi moment penting bagi angkatan 2008, karena pada malam itu mereka akan dikukuhkan sebagai keluarga besar psikologi. Bila dibandingkan dengan inaugurasi angkatan lainnya, inaugurasi angkatan 2008 (red. Inaugurasi 08’) memiliki keunikan tersendiri. Untuk pertama kalinya inaugurasi diadakan setelah psycho camp.

Dibalik perhelatan besar yang akan dilaksanakan, mendorong rasa ingin tahu seberapa besar persiapan yang telah dilakukan. Ketua panitia Inaugurasi 08’, Wahyudi (red. udi) angkat bicara bahwa persiapan yang dilakukan sudah sampai 80%, sisanya tinggal latihan untuk pementasan. Dana yang berkisar 9 juta, jika dikalkulasikan sudah cukup untuk acara. Dana yang mencukupi diperoleh dari kerjasama panitia dalam penjualan pin, gantungan kunci, bazar, nonton bareng, ojek motor, sumbangan POMD dan iuran kas yang telah disepakati. Inaugurasi 08’ akan diselenggarakan tanggal 10 Januari 2009, di gedung Ajibate, Sungguminasa. Acara bertema Star light of psychology yang berarti bahwa angkatan 2008 adalah cahaya baru dalam psikologi.

Ditanya mengenai makna seputar inaugurasi, kiki angkatan 2008 mengatakan bahwa inaugurasi adalah pengukuhan, kalau belum melaksanakan maka belum dapat dianggap sebagai keluarga besar psikologi. Keberhasilan inaugurasi menentukan apakah angkatan tersebut dianggap baik atau buruk. ”Inaugurasi memiliki makna untuk menjalin keakraban untuk teman seangkatan pada khususnya dan para kakak pada umumnya, selain itu adalah untuk pengukuhan”, kata Udi.

Konsep acara yang digunakan tidak jauh berbeda dari konsep acara inaugurasi angkatan yang lain. ”Hiburan yang akan ditampilkan seperti parodi, pengukuhan, band, nasyid, tari tradisonal, tari modern, puisi”, kata Udi. Persembahan tari modern dalam acara inaugurasi 08’ nanti mungkin akan menjadi keunikan tersendiri bagi acara tersebut, mengingat bahwa tari modern tidak pernah dipersembahkan oleh inaugurasi angkatan lain.

Molornya pelaksanaan technical meeting, yang seharusnya dilaksanakan seminggu atau dua minggu sebelum hari H baru akan dilaksanakan pada H min 4. Hal ini menjadi tanda tanya besar, bagaimana keseriusan angkatan 2008 terhadap inaugurasi. Eka angkatan 2008, mengatakan bahwa hambatan untuk mempersiapkan acara yang selama ini muncul seperti sikap tidak peduli dari teman-teman terutama ketika datang rapat. Beberapa teman juga ada yang tidak mau goyang (red. kerja). ”Awalnya susah ketika mengumpulkan panitia untuk rapat, tapi semakin lama agak muncul kesadaran di diri mereka kalau kegiatan ini adalah kegiatan bersama”, udi menambahkan.

Malam Inaugurasi untuk menjadi ”star light” bagi angkatan 2008 semakin dekat, namun rangkaian semarak kemeriahan belum tampak. Hal itu terbukti dari banyaknya mahasiswa yang tidak mengetahui kapan inaugurasi 08’ dilaksanakan. Hasriani, H. S angkatan 2005 mengemukakan bahwa ia tidak mengetahui secara pasti kapan inaugurasi dilakukan, maba tidak terlihat terlalu gencar dalam pencarian dana. Entah dikarenakan dana yang ada sudah cukup atau karena mereka kurang kompak
Hal senada diungkapkan oleh BenQ angkatan 2006, ”Belum tampak tanda-tanda kapan dilaksanakan, maba masih kurang gencar dan seperti terpisah-pisah (red. kekompakan). Teman-teman angkatanku juga banyak bertanya kapan inaugurasi 08 diadakan”. Berbeda dengan Ayu angkatan 2005, sekertaris Maperwa, mengemukakan bahwa ”Maba sepertinya hanya sekedar menjalankan kewajiban untuk mengadakan inaugurasi, tapi mereka tidak dapat feel dari itu.