Psikogenesis – Musyawarah Mahasisiwa Psikologi (MUMPSI) UNM, tidak lama lagi akan digelar. Agenda tahunan ini akan digelar bulan april tepatnya pada tanggal 16-18 di Benteng Somba Opu.
***
Mumpsi adalah salah satu kegiatan besar di psikologi. Mumpsi yang notabenenya adalah gerbang kepengurusan lembaga fakultas psikologi tentunya memerlukan persiapan yang cukup banyak. Apalagi mumpsi kali ini direncana diluar kampus.

Ketua panitia mengungkapkan kali ini ada yang berbeda dibanding dengan MUMPSI yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya, yakni mengenai penempatan pelaksanaan yang biasanya selalu diadakan dikampus Psikologi UNM kali ini ditempatkan di Rumah Adat Takalar, hal ini berkaitan dengan pelarangan kegiatan malam oleh pihak rektorat UNM.

Tujuan MUMPSI sendiri dilaksanakan yakni untuk menjadikan psikologi lebih baik. Hal ini dengan memberikan usulan-usulan kepada fakultas mengenai hal-hal apa saja yang penting untuk direalisasikan demi kemajuan Fakultas Psikologi. “Untuk persiapan yang kami lakukan untuk MUMPSI kali ini sudah 1000%” kata ketua panitia yang juga telah tiga kali menjadi bagian dari MUMPSI. Salah satu hal yang akan menjadi wacana MUMPSI yakni tentang penggunaan jas almamater bagi mahasiswa baru, yang menurut khari sebaiknya digunakan selama setahun, agar kecintaan kepada UNM lebih mendalam.

Salah satu usulan yang telah terealisasikan menurut saudara khari dapat terlihat pada gedung BM Psikologi, dimana dilakukan peninggian lantai untuk mencegah banjir. Sejak dilaksanakan pada tahun pertama 2002, MUMPSI telah dilaksanakan delapan kali dan telah melahirkan berbagai kebijakan. Menurut ketua Panitia, Khari, salah satu kendala yang menjadi tantangan panitia yaitu mengenai masalah Dana. “Biasanya ada salah satu angkatan yang tidak ingin membayar” ungkapnya. Hal lain yang menjadi kendala yakni masalah waktu , dimana kegitan dilaksanakan sampai pukul 00.00, sementara waktu istirahat sangat terbatas.

“Tapi kami optimis bahwa MUMPSI kali ini lebih baik dan akan banyak usulan-usulan kepada fakultas demi kemajuan fakultas Psikologi kedepannya” katanya disela-sela kesibukannya. Hal ini tentu juga merupakan harapan seluruh masyarakat Psikologi UNM, semoga MUMPSI yang ke-8 ini bisa mewadahi segala aspirasi utamanya mahasiswa psikologi. (aNno)