Ilustrasi jaringan wifi
Sumber: google.com 

Psikogenesis, Senin (03/02)-Kuliah Umum Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) semester Genap Tahun ajaran 2019/2020 yang berlangsung di Ballroom Lantai 2 Menara Pinisi UNM ditutup dengan sosialisasi Program Single Sync On (SSO) oleh pihak Information and Communication Technologies (ICT) UNM.

Ilhamka selaku perwakilan ICT dari Divisi Infrastruktur dan Jaringan menjelaskan bahwa saat ini sedang dilakukan pembangunan wifi.id SSO yang nantinya dapat digunakan oleh mahasiswa, dosen maupun pegawai UNM. SSO sendiri akan tersebar diseluruh kampus UNM. "Baik itu di Makassar, Bone dan Parepare," jelasnya.

SSO pun memiliki jangkauan akses di seluruh Indonesia dengan syarat melakukan login dengan wifi.id. Fakultas Psikologi UNM sendiri terpilih menjadi fakultas pertama untuk pembangunan jaringan. Hal ini dikarenakan FPsi memiliki jarak terdekat dengan gedung Menara Pinisi dan sering mengeluhkan jaringan yang buruk. "Psikologi sama FIS (baca: Fakultas Imu Sosial) itu paling dekat dengan Pinisi namun jaringannya sering dikeluhkan," ungkapnya.

Ilhamka pun memaparkan bahwa rencananya untuk login ke SSO akan berbeda bagi setiap mahasiswa, dosen dan pegawai. "Dosen mengupdate sekali setahun, mahasiswa sekali sebulan," paparnya.

Hal tersebut direncanakan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya Pencurian password. Namun, apabila kejadian tersebut terjadi, pihak ICT akan memberikan mekanisme pelaporan. "Mahasiswa  juga tidak bisa langsung ke ICT karena akan ada operator di tiap-tiap fakultas," jelas Ilhamka.

Ilhamka juga menambahkan bahwa program SSO yang telah direncanakan sejak 2019 ini mulai dikerjakan pada 2020 dan ditargetkan dapat diakses diakhir Februari. Fakultas yang lebih dulu selesai dalam pembangunan jaringan akan diberi login percobaan. "Namun mahasiswa belum diberi, diprioritaskan dulu ke pegawai dan dosen untuk keperluan administratif," tambahnya.

Untuk Mahasiswa sendiri akan diizinkan login secara bertahap, tidak langsung secara keseluruhan. Adapun untuk pengajuan password, Ilhamka mengatakan untuk mengajukan kepada Kepala Program Studi (Kaprodi). 

"Ada penanggung jawabnya disitu, dikumpul keseluruhan NIM (baca: Nomor Induk Mahasiswa) dan nama," katanya.

Selanjutnya, ICT akan melakukan sosialisasi lanjut mengenai pelaporan dan hal teknis lainnya secara keseluruhan. Ilhamka pun mengatakan apabila ada hal yang ingin ditanyakan lebih lanjut, silahkan menghubungi pihak ICT UNM melalui media sosial Instagram @ictunm  "Follow akunnya dan bertanya mi disitu," tutupnya. (BM)

Posting Komentar