>

Forum Studi Islam (FSI) Fakultas Psikologi UNM adakan pelatihan membaca (tahsin) Al Qur’an. Kegiatan ini diadakan pada Senin (03/03) pukul 16.00 bertempat di Gedung BM 101 Fakultas Psikologi UNM. Rencananya, kegiatan ini akan diadakan setiap pekan.
Tahsin Al Qur’an yang diadakan oleh Departemen Pembinaan FSI pekan lalu tersebut tidak hanya melatih cara membaca Al Qur’an tetapi juga mengajarkan tafsir ayat yang dibaca. Setidaknya begitulah yang diutarakan oleh Zahidatun Mahfudon, salah satu anggota Departmen Pembinaan FSI. Mahasiswi yang akrab disapa Hilda ini memaparkan tujuan Tahsin yang diadakan pekan lalu tersebut ialah guna memperbaiki penyebutan huruf dan ayat- ayat Al-Quran serta mempelajari makna dari terjemahan ayat Al-Quran.
Lebih lanjut Hilda menuturkan bahwa Tahsin yang diadakan ini memang untuk melatih pengurus maupun nonpengurus FSI dalam memperbaiki bacaan Al-Quran-nya. “Tahsin biasanya kan hanya sekedar belajar penyebutan huruf, kalau yang ini sekarang sudah sama tafsirnya juga,” tuturnya.
Dalam kegiatan ini, FSI mengundang Rukman Rahman sebagai pengajar serta ahli tafsir. Pengetahuan Rukman mengenai tafsir Al-Quran serta pembawaan materi dengan humoris diakui oleh peserta sebagai hal yang positif. “Pematerinya Rukman Rahman bagus pengetahuannya dan asyik menjelaskan, humoris juga,tutur  AL salah seorang peserta yang mengikuti kegiatan Tahsin ini.
Retno Nurdayanti yang juga pengurus FSI menambahkan bahwa Tahsin ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat muslim Psikologi baik mahasiswa ataupun dosen, bahkan masyarakat luar Psikologi yang ingin belajar memperbaiki bacaan Al-Quran. “Bagusnya baik yang sudah lancar atau tidak, ikut saja karena itu kewajiban kita sebagai muslim. Mungkin wajar kalau malu, tapi kita butuh dengan hal ini jadi tidak usah malu,” tambah Retno.
Tahsin yang diadakan FSI ini juga didukung oleh dosen Fakultas Psikologi, hal ini terbukti dengan hadirnya salah seorang dosen dalam kegiatan. “Iya sempat juga kemarin ada dosen yang ikut,” komentar Retno yang juga mahasiswa Angkatan 2012 itu. (NIT)