Upaya fakultas untuk mengajukan kembali akreditasi pada tahun ini kemungkinan besar batal dilaksanakan. Jelang berakhirnya masa bakti pimpinan fakultas, akreditasi ulang kampus Psikologi UNM yang digadang-gadang akan dilaksanakan setidaknya pada akhir tahun ini bisa jadi akan tinggal janji. Faktor sarana kembali jadi persoalan utama. 
    Keterangan ini diutarakan oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik, Eva Meizara Puspita Dewi ketika dimintai penjelasannya terkait perkembangan upaya akreditasi ulang kampus Psikologi UNM. Eva menjelaskan bahwa kondisi saat ini kurang memungkinkan untuk mengajukan akreditasi, salah satunya terletak pada sarana seperti gedung (14/03). ”Gedung kita belum bergeser (pindah-red) sehingga mau tidak mau salah satu standar tentang lokasi fakultas kita masih bingung menuliskannya. Jadi, kami masih minta kepastian itu dulu dan tidak bisa langsung melanjutkannya”. 
    Eva juga menuturkan bahwa pengajuan akreditasi akan dialihkan kepada kepengurusan fakultas periode berikutnya. “Masa kepemimpinan kami mau berakhir, akreditasi itu bukan barang yang mudah diselesaikan, kita akan jalan dan kita akan limpahkan ini pada pimpinan berikutnya, karena terus terang saya berharap pada setiap kepemimpinan itu menghasilkan akreditasi,” ujar Eva. Ditambahkannya, hingga kepengurusannya berakhir upaya untuk menaikkan akreditasi fakultas akan terus dilakukan. 
     Sebagai pengingat, Fakultas Psikologi hingga saat ini masih terakreditasi C. Pihak fakultas sendiri yang menjanjikan akreditasi akan kembali diadakan pada tahun 2014. Tepatnya pada September tahun lalu Eva Meizara menegaskan akan mengajukan akreditasi ulang sebelum masa pengurusannya berakhir. “Minimal akhir 2014 sebelum saya turun kita sudah harus mengajukan akreditasi ulang” ungkapnya kala itu. 
    Adapun pergantian kepemimpinan di Fakultas Psikologi, rencananya akan dilaksanakan pada bulan November mendatang. 
    Terkait kabar batalnya akreditasi kampus pada tahun ini, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sendiri belum mengetahui hal tersebut. Ditemui di sekretariat BEM FPsi UNM, Laode Irfan selaku presiden justru memberikan keterangan tentang fungsi BEM dalam mengawal akreditasi fakultas, yang saat ini dalam tahap pengumpulan data. “Tentang akreditasi, dari pihak Kemensospol sendiri lebih membandingkan dengan Fakultas Psikologi dari universitas lain dan melaporkannya pada fakultas. Semacam turun lapangan lah, lebih untuk memacu fakultas,” ungkapnya. (IA)