Suasana pemaparan program kerja KKN PPM UNM serta demonstrasi pengolahan apotek hidup.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) melaksanakan seminar program kerja “Apotek Hidup” pada masyarakat Kecamatan Watang Sidenreng Kabupaten Sidrap, Senin (30/07).

Program kerja tersebut dicanangkan pada masyarakat guna mengefisienkan penanganan kesehatan sebelum ditindak lanjuti oleh tenaga medis. Masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan tanaman yang ada di lingkungan sekitar agar lebih mudah dijangkau, terlebih pada penyakit yang sifatnya masih belum parah dan tak perlu menggunakan obat yang mengindikasi efek samping.

“Setidaknya ada penanganan sebelum ada penanganan oleh dokter, karena kalau sudah ditangani oleh dokter berarti penyakitnya sudah agak berat itu,” ungkap Muhammad Said Hasan selaku dosen pembina lapangan.

Pria asal Sidrap ini pun mengajak kepada seluruh masyarakat Kec. Watang Sidenreng untuk menjaga kesehatan dimulai dari lingkungan masyarakat masing-masing dengan menanam dan mengolah tanaman menjadi obat herbal tanpa harus kedokter.

Setelah seminar program kerja, mahasiwa(i) akan melakukan penyuluhan kepada masyarakat setempat menjelaskan tanaman beserta khasiat yang terkandung pada tanaman tersebut. “Supaya apa, kami berusaha bagaimana masyarakat betul-betul bisa membuat lahan apotek hidup di pekarangan rumahnya."

Posting Komentar