Jumat (20/6), Tujuh mahasiswa Fakultas Psikologi UNM angkatan 2012 melaksanakan training motivasi di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar, Jalan Sultan Alauddin. Berlangsung dari Pukul 13.40 hingga 16.00 WITA, adapun kegiatan ini berhubungan dengan tugas eksperimen lanjut dimana mereka mengangkat tema terkait dengan motivasi dan kebermaknaan hidup. 

      Muh. Irwan selaku pencetus tema menuturkan judul dari penelitiannya di Lapas yakni efektivitas pelatihan training motivasi untuk meningkatkan kebermaknaan hidup. “ini untuk memotivasi adik-adik karena mereka datang disini untuk merenungkan kesalahannya dan memotivasi untuk berbuat baik kedepannya” tuturnya.

      Mahasiswa yang tergabung sebagai pelaksana dalam eksperiment ini ialah Muh.Irwan, Andi Muh. Apriansyah, Evi Paramita, Azizah Ika Adhani, Ilmi Amaliah, Nurfikayani, dan Andi Harun. sedangkan yang menjadi trainer atau memberikan materi motivasi ialah Akhmad Saputra Syarif dan Muh. Khalid Hermansyah.

       Dalam pelaksanaannya kegiatan ini disambut antusias oleh sebagian besar penghuni lapas, terlihat ada sekitar 50-an orang yang turut berpartisipasi. Salah satu penghuni Lapas, Jono (Inisial) memberikan tanggapan baiknya. “Kegiatannya sangat menyenangkan, bagus, kita jadi lebih melihat kedepan, mau jadi lebih baik dari yang sekarang, game nya juga menarik sekali, semoga bisa terlaksana lain kali lagi” tuturnya.

      Bukan hanya itu, pihak Lapas yang diwakili oleh Sira selaku staf bidang pembinaan di Lapas Kelas I Makassar  memberikan respect yang sangat baik terhadap pelaksanaannya, dia mengakui bahwa kegiatan ini sangat fan, dimana adik-adik sangat membutuhkan kegiatan positif seperti ini. Dia juga mengatakan bahwa ini adalah kegiatan yang memotivasi mereka untuk mengetahui jadi apa mereka pada saat keluar nanti.

      Senada dengan hal tersebut, Muh. Khalid Hermansyah yang mengikuti pelasanaan eksperiment ini juga menyampaikan tanggapan dimana dia berharap akan ada kerjasama antara Psikologi dan Lapas. “kegiatan yang bagus sekali karena kita memang sebagai ilmuan psikologi seharusnya melakukan kegiatan seperti ini, kalau bisa nanti kepala Lapas bisa kerjasama dengan Psikologi atau psikologi bisa berkomunikasi lebih ke Lapas, karena lapas juga butuh kegiatan seperti ini” ucap Mahasiswa angkatan 2010 ini.

      Sebagai Ilmuan Psikologi sudah sepantasnya kita peka dan peduli pada lingkungan sosial dimana kita berada, bukan hanya itu, turut terjun atau ikut ambil bagian pada pelaksanaannya sangat dibutuhkan, kalau bukan kita siapa lagi.(ANS)
Jayalah Psikologi UNM!