Penerimaan Mahasiswa TA 2014-2014 (Sumber: Profesi-unm.com)
Jumlah mahasiswa baru yang diterima di Fakultas Psikologi UNM setiap tahunnya selalu mengalami perubahan. Tahun ini kuota penerimaan mahasiswa baru di Fakultas Psikologi UNM adalah 150 orang. Jumlah tersebut merupakan jumlah secara keseluruhan dari tiga jalur yang ada yaitu SNMPTN (usahakan ada kepanjangannya), SBMPTN (ini juga) dan Jalur Mandiri.
Adalah Eva Meizara Puspita Dewi selaku Pembantu Dekan I Fakultas Psikologi UNM yang menjelaskan bahwa jumlah keseluruhan penerimaan mahasiswa baru yaitu 150 orang dan telah dipersenkan untuk tiap-tiap jalur penerimaan. Namun apabila jumlah mahasiswa baru yang mendaftar ulang tidak memenuhi kuota yang telah ditetapkan maka dialihkan ke jalur selanjutnya.
SNMPTN itu 50% jumlahnya, psikologi kan maunya 150 terima berarti 50% itu kan 75, dari 75 itu yang mendaftar ulang hanya 63 nanti sisanya masuk di SBMPTN, jalur SBMPTN yang diterima sebanyak 30% dan penerimaan jalur selanjutnya dilihat dari seberapa banyak siswa yang mendaftar ulang. Yang jelas nantinya jumlah maba tahun ini sebanyak 150 orang,” ujar Eva.
Lebih lanjut Eva menjelaskan bahwa alasan penerimaan maba tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun yang lalu selain karena kapasitas ruangan yang tidak memadai, hal ini juga merupakan imbas dari sanksi yang diberikan untuk UNM yang dikarenakan bentrok yang sering terjadi.
Terkait jumlah mahasiswa baru yang akan diterima menurut Hamzah selaku Menteri Pendidikan dan Pelatihan BEM Kema F.Psi UNM angka 150 masih termasuk jumlah yang besar. “Saya rasa itu terlalu banyak tidak sebanding dengan jumlah dosen yang aktif mengajar saat ini, idealnya itu seratus-an,ujar mahasiswa angkatan 2011 ini. (PH/NH)