(27/11). Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) sebagai salah satu program pengaderan Kementrian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi UNM  yang semulanya akan digelar pada minggu pertama desember akan diundurkan. Pengunduran pelaksanaan LDKM ini terkait dengan jeda waktu yang singkat antara LDKM dengan pengderan psychocamp yang baru dilaksanakan pada 15-17 Oktober lalu.
        
Lokasi Psychocamp 2013 Hutan Pendidikan Unhas
       “Alasan diundurkannya LDKM salah satu diantaranya itu kalau melihat matriks yang ada mepet sekali, kemudian psychocamp yang kemarin menghabiskan banyak tenaga baik itu dari segi kepanitiaan maupun peserta dan ketika dikasi mepetki LDKM takutnya peserta masih tebawa kelelahan dari psychocamp lalu ,” tutur Akhmad Saputra Syarif selaku Staf Kemendiklat BEM F.Psi UNM.

     Akhmad juga mengatakan pelaksanaan pengaderan yang memiliki jeda waktu yang singkat mempengaruhi ketertarikan  mahasiswa baru untuk mengikuti LDKM, dimana mereka akan jadi kurang berminat, melihat pada program pengaderan yang mengatakan bahwa maba wajib mengikuti tiga pengaderan dasar yaitu AKAL, Psychocamp, dan LDKM. Kemudian sangat disayangkan ketika mereka mengikuti AKAL, psychocamp dan mereka lulus tapi tidak mengikuti pengaderan LDKM karena alasan kelelahan.

       Berlainan dengan hal tersebut Muhammad Ahkam Basir yang merupakan mahasiswa angkatan 2013 menyampaikan  tanggapannya terhadap pengunduran jadwal LDKM, dimana menurutnya LDKM seharusnya tidak diundurkan. “Seharusnya bisa dilaksanakan secepatnya melihat teman-teman (angkatan 2013-Red) sudah banyak yang bosan dengan pengaderan yang dilaksanakan di Fakultas Psikologi UNM. Diundurkannya jadwal LDKM mungkin juga nanti akan berdampak pada kurangnya minat teman untuk hadir malah,” ucap Ahkam  saat ditemui disela kesibukannya.

         Sementara itu pengunduran LDKM hingga minggu keempat desember tidak berdampak pada kegiatan BKM lain yang dilaksanakan pada minggu kedua dan ketiga, minggu kedua akan dilaksanakan Diklat Jurnalistik (DJ) VI LPM Psikogenesis, minggu ketiga  pelaksanaan Training Camp (TC) oleh BKM Psysport, sehingga kemudian Kemendiklat BEM sebagai pelaksana memundurkannya tepat pada jadwal Training Advokasi (TA) yang juga merupakan program kerja kemendiklat berikutnya. Sementara itu untuk TA itu sendiri diundur tergantung dari bagaimana menyesuaikan dengan kegiatan lainnya.

       “Tidak ada  dampak sistemik oleh penyebab LDKM diundur. Ini adalah sesuatu yang unprotektibel, sesuatu yang tidak bisa diperkirakan dan kita harus mengambil langkah secepatnya karena kalau kita biarkan dan melihat kondisi sekarang itu bakal berefek ke kita, dari pada generasi kurang dilembaga mending program kerja yang diundur.” ucap Akhmad.

      Dalam pelaksanaan LDKM tersebut melibatkan Mahasiswa Baru serta mahasiswa lama yang belum melulusi pengaderan LDKM sebagai peserta dan mewajibkan kepada mahasiswa yang ingin atau akan menjadi pengurus Lembaga Kemahasiswaan (LK) di Fakultas Psikologi UNM nantinya. (ANS)