Lokasi Training of Trainer (TOT) LPM Psikogenesis, Benteng Somba Opu @Rumah Adat Bone



Training Of Trainer (TOT) yang dilaksanakan oleh LPM Psikogenesis F.Psi UNM berjalan lancar. Kegiatan ini dibuka oleh PD III F.Psi UNM Muhammad Ahkam di gedung BM 101 pada hari Jumat (29/11). Kegiatan dilaksanakan di rumah adat BoneBenteng Somba Opu, Sabtu (30/11) pada pukul 14.00 WITA dan ditutup pada Minggu (1/12) pukul 11.30 WITA. Kegiatan ini diikuti oleh sembilan orang pengurus, sembilan orang panitia, tiga orang dewan pembina serta  dua orang Steering Committee (SC). 

Kegiatan TOT merupakan program kerja dari divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dan merupakan kegiatan TOT  perdana yang diadakan oleh Psikogenesis. Berbagai kendala, khususnya permasalahan dana menjadi kendala utama. ”kabarnya sampai bulan Desember, tidak akan turun dana dari universitas” tutur Muhammad Shany Kasyaf selaku ketua panitia. Tetapi ia bersyukur, karena belum pernah ada acara sebelumnya yang serupa dengan kegiatan ini. Sedangkan menurut Nita, selaku kordinator acara, kendala yang dihadapi ialah dari segi materi yang dirasanya kurang terjalin dan masih membosankan. Masalah kepanitiaan yang kurang berpartisipasi juga menjadi salah satu kendala. Namun, ia berharap agar kegiatan TOT masih akan dilaksanakan di kepengurusan selanjutnya.

Lain lagi menurut  Ika Indah Yani selaku dewan pembina di Psikogenesis. Menurutnya, kesuksesan acara ini tergantung dari peserta. “tergantung peserta, kalau didapat baeknya, biar acara bagus, kalau peserta  tidak dapat memanfaatkan materi yang didapat, tuturnya”.  Ia berharap agar acara kedepannya (TOT-red) lebih berkualitas dari berbagai segi. (RY)