<![endif]-->           Minggu (29/9) diadakan Deklarasi Kebersihan di Fakultas Psikologi UNM. Melibatkan seluruh Lembaga Kemahasiswaan, seremoni Deklarasi kebersihan ditutup dengan penandatanganan spanduk dukungan secara massal. Hampir sebulan setelah deklarasi kebersihan ini dilaksanakan, tak tampak perubahan berarti di kampus Psikologi.
          Deklarasi kebersihan merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya kebersihan kampus fakultas psikologi UNM. Deklarasi ini telah disepakati bersama oleh seluruh Lembaga Kemahasiswaan demi terwujudnya kampus Psikologi yang bebas sampah. Kegiatan ini ditangani langsung oleh BKM Marabunta yang dipercaya sebagai pengawas dalam menindaklanjuti deklarasi kebersihan tersebut.
   Aturan yang menyebutkan bahwa yang membuang sampah akan dikenakan denda sebesar lima ribu rupiah juga tidak terealisasi. Faktanya, sejumlah sampah masih ditemukan bertebaran di kampus Psikologi.
          “Memang sekarang tidak kelihatan efektifki dan yang kemarin itu hanya sekedar deklarasi saja dan banyak yang lain harus dilakukan setelah itu misalnya diawasi  dan aturan yang berlaku sekarang dan perlu berkelanjutan kerjannya”, tutur Malania, salah satu pengurus BKM Marabunta.
Salah seorang mahasiswa Psikologi yang tidak ingin disebutkan namanya mengemukakan permasalahan tidak efektifnya deklarasi kebersihan dikarenakan kurangnya sosialisasi kepada mahasiswa mengenai penyelenggaraan deklarasi kebersihan.
        Pendapat yang sama dilontarkan oleh Iis Handayani, mahasiswa eksponen ’12. Menurutku belum optimal pi karena masih banyak yang belum tahu soal deklarasi kebersihan, jadi teman-teman juga acuh ji laksanakanki itu,” ujarnya.
      Kemudian, dari pihak BKM Marabunta memberikan pendapat bahwa saat ini mereka belum bisa secara maksimal melaksanakan tindaklanjut dari deklarsi yang dipercayakan pada mereka karena  dalam waktu dekat ini, BKM Marabunta akan mengadakan Mubes yang secara otomatis terjadi pergantian pengurus. Jadi, mereka berencana bahwa pengoptimalian kegiatan ini akan ditindaklajuti oeh pengurus baru BKM Marabunta.
(Eht/Sry)