Kekhawatiran sejumlah mahasiswa dan alumni terhadap akreditasi kampus psikologi UNM sepertinya akan mereda seiring terpilihnya dekan baru. Pasalnya, dekan terpilih, Muh.Jufri, janjikan kampus psikologi segera ber-akreditasi A. Tak tanggung-tangung, hal itu akan ia wujudkan dalam satu tahun masa kerjanya.
Pernyataan itu sebagaimana yang disampaikan Jufri pada pembacaan visi dan misi calon dekan Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang dilaksanakan pada Selasa (02/11) lalu di gedung BM F.Psi UNM. Pada kegiatan tersebut dirangkaikan pula penetapan dekan terpilih Fakultas Psikologi UNM periode 2015-2019 .Muh.Jufri ditetapkan sebagai dekan terpilih secara aklamasi setelah calon dekan yang lain, Eva Meizara Puspita Dewi, mengundurkan diri.
Dalam pemaparan visi dan misi kepada sejumlah civitas akademika yang hadir, Muh. Jufri memang memasukkan poin tentang akreditasi fakultas. Mengusung visi “Revitalisasi Peran Fakultas Psikologi Melalui Nilai Kebersamaan dan Komitmen Anggota Fakultas,”Jufri optimis dapat membawa fakultas ini sehingga ber-akreditasi A. Adapun dari tujuh misi yang dipaparkan, Sekretaris Lembaga Penelitian UNM tersebut secara jelas menempatkan persoalan akreditasi pada prioritas pertama, peningkatan akreditasi fakultas psikologi dari C ke A dalam satu tahun periode kepemimpinan.
“Kemarin itu saya pikirnya begini, saya pilih C ke B atau C ke A. Jika pindah ke B atau ke A, konsekuensinya sama-sama bekerja, jadi kenapa tidak kita harus betul-betul terinspirasi dari sesuatu yang kita impikan, dari hal yang lebih tinggi?”, ungkapnya.

Akreditasi C selama 14 tahun
Pernyataan Jufri tersebut tentu menjadi angin segar bagi segenap civitas akademika kampus psikologi, mengingat bahwa salah satu tantangan yang dihadapi oleh Fakultas Psikologi UNM saat ini adalah persoalan peningkatan akreditasi.
Isu tentang kampus psikologi yang akan “kembali” ke Fakultas Ilmu Pendidikan, atau terpaksa dicabut izin operasionalnya jika pada akreditasi berikutnya masih mendapat nilai C tentu masih jelas diingatan. Kenyataan bahwa kampus psikologi UNM selama 14 tahun masih setia ber-akreditasi C jelas meresahan banyak pihak, khususnya mahasiswa yang khawatir akan kesulitan ketika ingin melanjutkan pendidikan atau melamar pekerjaan.
Berkaca pada kondisi tersebut, upaya peningkatan akreditasi yang dilakukan oleh pimpinan kampus selama dua periode terakhir menyisakan fakta ironiHampir satu dekade Syamsul Bachri Thalib menakhkodai kampus psikologi, tidak ada perubahan yang signifikan. Hingga jabatan tersebut berganti, Syamsul hanya berhasil menaikkan 1 skor saja dari 291 menjadi 292. Kondisi ini tentu akan menjadi tantangan besar bagi Muh. Jufri sebagai dekan terpilih Fakultas Psikologi UNM periode 2015-2019.
Pembantu Dekan I Bidang akademik, Eva Meizara Puspita Dewi turut mengungkapkan harapan yang besar bagi dekan terpilih. Ia optimis bahwa Muh. Jufri mampu mencapai akredtasi A karena pada penilaian yang lalu, nilai kampus psikologi hanya kurang sedikit untuk mencapai akreditasi B. "Untuk mendapatkan akreditasi A sangat mungkin karena kemarin untuk akreditasi B saja kita cuma kurang 8 poin. Beberapa waktu lalu saya sudah presentasi dengan badan akreditasi dan responnya kita bisa peroleh akreditasi A,” tutur wanita berdarah Malang itu.
Muh.Jufri menegaskan bahwa visi yang dibacakannya bukanlah visi fakultas melainkan visi seluruh elemen Fakultas Psikologi UNM sehingga ia berharap ada kerjasama dari seluruh elemen terkait. Ia juga akan mendorong agar dialog-dialog antar elemen lebih diaktifkan lagi.
Nurahmi Yunus, selaku salah satu mahasiswa F. Psi. UNM turut menaruh harapan pada pemimpin yang baru nantinya. “Ya kalau harapannya pasti ada toh, misalnya memang kalo’ bisalah berubah ki akreditasinya, minimal B-lah untuk sekarang. Kalau bisa A, ya A.” ungkap mahasiswa angkatan 2013 itu.

Penetapan Muh.Jufri selaku Dekan Fakultas Psikologi periode 2015-2019 dilaksanakan melalui rapat senat tertutup yang dihadiri sembilan orang anggota senat fakultas dan juga disaksikan oleh Pembantu Rektor II UNM, Nurdin Noni Adapun pelantikan Muh.Jufri sebagai Dekan Fakultas Psikologi UNM Periode 2015-2019 rencananya akan digelar Januari 2015 mendatang. (YNT/AK/IMF)