Arena pertarungan kandidat dekan Fakultas Psikologi UNM kini hanya menyisakan satu orang saja. Pengunduran diri Eva Meizara Puspita Dewi justru di tahapan akhir pemilihan dekan menjadi sebabnya. Praktis, jabatan Dekan Fakultas Psikologi yang sebelumnya dipegang oleh Syamsul Bachri Thalib hampir bisa dipastikan akan beralih ke Muh. Jufri.

Eva Meizara Puspita Dewi yang juga dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon dekan F. Psi. UNM menyatakan mengundurkan diri dari proses pencalonan. Hingga berita ini diterbitkan, Eva masih menjabat sebagai Pembantu Dekan (PD) I di F. Psi. UNM. “Saya memenuhi syarat jadi dekan tapi saya mengundurkan diri,” ungkapnya.

Ditanya tentang alasan pengunduran dirinya, Eva menyatakan bahwa salah satunya terkait kualifikasi pendidikan. Menurutnya ada calon yang lebih baik dari dirinya. Selain itu, ia ingin memberi kesempatan pada yang lain untuk mengolah F. Psi. UNM.

“Alasannya pertama begini, kan ada profesor, bagus toh kalo’ dekannya profesor. Kemudian kita juga punya lulusan doktor tiga orang, ya bagus kan kalau PD-PD-nya  doktor. Itu juga sering disinggung oleh pak rektor dalam segala kesempatan pelantikan pejabat, selalu mengatakan sebaiknya itu memiliki titel yang tinggi supaya secara akademik itu bisa dibuktikan bahwa dia tinggi, gitu. Yang kedua, inilah ‘arisan’ sebenarnya. Setiap orang diberikan kesempatan untuk bisa memimpin atau mengaktualisasikan dirinya dengan mengelolah fakultas dengan baik. Jadi, semuanya supaya merasakan dan semuanya punya kesempatan berkarya, apa yang akan dilakukan untuk fakultas kedepan,” tuturnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Eva juga mengutip suatu ungkapan “Kalau anda mau tahu karakter seseorang maka angkatlah dia jadi pemimpin. Sekarang saatnya mereka membuktikannya, tutupnya.

Adapun Muh. Jufri sebagai calon tunggal dan akan dipilih secara aklamasi pada hari ini, Selasa (02/12) di Ruang Senat F. Psi UNM. Sebelum penetapan dilakukan, akan digelar penyampaian visi dan misi yang rencananya akan diadakan secara terbuka gedung BM 101 F. Psi. UNM pukul 09.00 WITA. (YNT/eR)