Pamflet Kegiatan Diskusi Bacaan oleh PK IMM FPsi UNM 
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Rabu (24/04) – Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan forum diskusi bacaan buku yang berjudul “Logika” karya Drs. H. Mundri di Baruga Kemahasiswaan Fakultas Psikologi UNM pada Selasa (23/04).

Afdhal Hidayat Syam selaku Ketum PK IMM FPsi UNM menjelaskan bahwa forum diskusi bacaan buku adalah rutinitas dari IMM. Diskusi bacaan yang diadakan IMM adalah bentuk pengembangan keilmuan dengan setiap kader yang telah membaca buku wajib untuk membagikan ilmu yang didapat.

“Kita di IMM itu memang rutin lakukan kajian atau diskusi bacaan kayak tadi (baca: forum diskusi bacaan buku “Logika”). Jadi di IMM itu ketika ada kader yang sudah baca buku, wajib didiskusikan karena pengembangan keilmuan itu harus dibuka seluas-luasnya,” jelasnya

Mahasiswa yang akrab disapa Afdhal juga mengungkapkan bahwa tujuan dari mengadakan forum diskusi bacaan ini yaitu IMM yang memang mengaplikasikan kompetensi intelektualnya lewat pengkajian. Tak hanya itu diskusi ini juga bertujuan untuk membagikan suatu isi buku kepada orang lain yang belum sempat membacanya.

“Karena kita di IMM itu didasari oleh trikompetensi (baca: penanaman nilai intelektual, religiuisitas, dan humanistik pada kader IMM)  salah satunya adalah intelektual, nah di bagian intelektual ini yang kita dapat dari pengkajian. Jadi jangan sampai yang didapat di buku itu tidak kita bagikan. Jadi ini juga mempermudah untuk orang-orang yang tidak sempat baca suatu buku bisa tau juga apa isinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Afdhal juga menambahkan bahwa forum diskusi bacaan saat ini bukanlah suatu program kerja melainkan kegiatan yang diadakan berdasarkan salah satu tupoksi bidang pada IMM yaitu bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan (RPK).

“Kalau untuk saat ini bukan program kerja (baca: forum diskusi bacaan), tapi kalau di IMM sendiri ada bidang RPK yang tupoksinya menghadirkan itu (baca: forum diskusi bacaan) jadi kalau mau adakan diskusi bacaan ya tinggal diadakan. Biasanya kita lakukan ini di Phinisi, Pelataran,” tambahnya.

Afdhal juga ingin membawa budaya diskusi bacaan agar lebih dikenal dan menjadi kebiasaan pada teman-teman Kema FPsi UNM.

“Sebenarnya kalau di IMM sendiri banyak kajian-kajian tapi saya pribadi mau bawa kultur diskusinya IMM ke Fakultas (baca: Psikologi) makanya dibuka umum supaya teman-teman di Fakultas Psikologi bisa tau dan terbiasa baca buku karena siapa tau ini diliat bagus,” jelasnya.

Selanjutnya Ketum PK IMM ini kedepannya juga mengungkapkan keinginannya agar kegiatan diskusi bacaan ini memiliki cakupan yang lebih luas melalui kolaborasi pada Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM seperti Forum Studi Islam (FSI) atau pada organisasi-organisasi eksternal seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

“Insyaallah, karena tagline-nya psikologi IMM itu inklusif kolaboratif. Jadi selain di IMM psikologi itu sendiri, saya juga mau adakan collab ke teman-teman BKM yang lain kayak FSI atau bahkan organisasi eksternal yang serupa kayak HMI, itu kayaknya bagus deh. Jadi tidak stuck di kader-kader (baca: IMM) sehingga lebih luas cakupannya,” Ungkapnya.

Sebagai penutup, Afdhal juga berharap bahwa kegiatan diskusi bacaan yang telah dilakukan bisa mengayomi Lembaga Kemahasiswaan (LK) pada Kema FPsi UNM untuk mengadakan kegiatan yang serupa.

“Harapannya ini bisa jadi pemantikan ke teman-teman BKM atau LK bagaimana untuk menghadirkan forum-forum begini. Karena ketika terbiasa kita di dalam forum begini, kita keluar forum tidak jalan kosong orang karena ada yang dia peroleh,” tutupnya. (VENA)

Posting Komentar