Pelantikan Maperwa Kema FPsi UNM dalam pelantikan bersama fungsionaris LK
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Minggu (28/04) - Pelantikan bersama pengurus Lembaga  Kemahasiswaan (LK) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) periode 2024/2025 dengan tema "Internalisasi Nilai-nilai Kelembagaan Kema FPsi UNM Guna Mewujudkan Lembaga Kemahasiswaan yang Berkualitas" sukses dilaksanakan di Aula Mohammad Thayeb Manrihu (MTM) FPsi UNM pada Sabtu (27/04).

Abdi Rahmat Hudzaifah, atau lebih dikenal dengan nama Abdi, selaku Ketua Umum (Ketum) Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Kema FPsi UNM menyebutkan bahwa pelantikan bersama fungsionaris LK Kema FPsi UNM kali ini mengangkat tema "Internalisasi Nilai-nilai Kelembagaan Kema FPsi UNM Guna Mewujudkan Lembaga Kemahasiswaan yang Berkualitas".

“Temanya sendiri itu 'Internalisasi Nilai-Nilai Kelembagaan Kema FPsi UNM Guna Mewujudkan Lembaga Kemahasiswaan yang Berkualitas',” sebutnya.

Abdi menjelaskan bahwa pada awalnya pelantikan bersama bukan dilakukan di Aula MTM, melainkan Ballroom Phinisi. 

“Sebenarnya kegiatan tadi (baca: Pelantikan bersama) tidak di Aula MTM, karena pada rencana awal, pelantikan tadinya mau dilakasanakan di Ballroom Phinisi, tapi karena proses administrasi untuk penggunaan ruangan Ballroom sendiri terbilang agak panjang dan memakan waktu yang cukup lama, jadinya dilaksanakan di Aula MTM,” jelasnya.

Lebih lanjut, Abdi juga menambahkan bahwa telah melakukan permohonan maaf pada Dekan dan Wakil Dekan (WD) III terkait permasalahan kesalahan yang dilakukan oleh Tim Kerja (Timker) yaitu penulisan waktu pada surat undangan kepada pihak fakultas untuk menghadiri kegiatan pelantikan bersama.

“Pada saat sebelum kegiatan pelantikan dimulai ada sedikit kesalahan di penyebaran surat undangannya. Nah teman-teman Timker tidak membedakan penulisan waktu pelaksanaan untuk undangan yang akan dikirim ke fakultas dengan undangan yang disebar ke tamu-tamu umum, seharusnya untuk surat kepada fakultas itu disamakan waktu pelaksanaannya dengan surat yang akan disebar ke tamu-tamu umum. Namun saya pribadi sudah melakukan permohonan maaf kepada Dekan dan Wakil Dekan III,” tambahnya. 

Terlepas dari masalah yang dihadapi, Abdi menerangkan pada kegiatan Pelantikan Bersama LK Kema FPsi UNM berhasil melantik total kurang lebih 120 pengurus dari lembaga-lembaga yang ada yaitu Maperwa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Psysport, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Psikogenesis, Forum Studi Islam (FSI), dan Mahasiswa Pemerhati Bumi Nusantara (Marabunta). 

“Untuk jumlah keseluruhan sebenarnya saya kurang tahu pasti, tapi dari Maperwa sendiri ada 18 orang, dari FSI ada tujuh orang, BEM  ada 40 orang kalau ndak salah, dari Psysport 30 orang, dari Marabunta (Mahasiswa Pemerhati Bumi Nusantara) ada sembilan orang, dan sisanya dari Psikogenesis itu ada 27 orang pengurus,” terangnya. 

Pada pelantikan bersama kali ini, Abdi juga menyebutkan bahwa ada perbedaan yang menjadi pembeda dari pelantikan-pelantikan sebelumnya.

“Kalau saya sendiri yang saya notice perbedaannya itu di pelantikan kali ini, ada salah satu yang mungkin agak disorot, kita (baca: Pimpinan LK) melakukan penandatanganan Pakta Integritas dari Fakultas, yang isinya itu sebenarnya hal-hal yang baik sih. Dimaksudkan untuk memperjelas bagaimana komitmen teman-teman di Lembaga Kemasiswaan secara resmi,” sebutnya. 

Sebagai penutup Abdi berharap kepada setiap pengurus yang telah dilantik untuk periode 2024/2025 agar menyeimbangkan ego masing-masing dan tidak berlomba-lomba untuk menonjolkan salah satu LK, serta tetap bisa menghimpun seluruh masyarakat Kema dengan baik. 

“Harapanku semoga yang namanya ego setiap lembaga itu bisa diseimbangkan dengan ego bersama, misal jangan selalu mau mendahulukan masing-masing lembaganya. Bagusnya itu kalau mungkin kita bisa saling mengerti antara satu lembaga dengan lembaga yang lain, karena idealnya itu kita semua teman-teman di lembaga kemasiswaan bersatu jangan ada yang pecah-pecah, jangan ada yang bersekat-sekat," tutupnya. (JK)

Posting Komentar