Foto Bersama Mahasiswa FPsi UNM Seleksi Tingkat Universitas NUDC
Sumber: Dok. Pribadi
Psikogenesis, Sabtu (06/04) – Mahasiswi Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) Andi Megawati Mappiati Mardhatillah berhasil meraih Juara III secara tim dan Terbaik III Best Speaker serta terpilih sebagai N1 Adjudicator dalam Seleksi Tingkat Universitas untuk National University Debating Competition (NUDC) yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) pada Senin (01/04) kemarin.

Andi Megawati Mappiati Mardhatillah atau yang akrab disapa Mega selaku mahasiswi FPsi delegasi UNM yang tepilih sebagai N1 Adjudicator tingkat Universitas di NUDC kali ini dengan rendah hati mengungkapkan perasaan syukur atas kemenangan yang diraihnya.

“Alhamdulillah saya bersyukur bisa menjadi delegasi UNM sebagai N1 di NUDC mendatang, namun saya juga merasa kurang dalam seleksi NUDC kali ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, Mega menjelaskan bahwa pelaksanaan seleksi NUDC yang berlangsung di dua tempat yaitu di Ballroom Phinisi Lt. 2 dan ruang rapat Wakil Rektor (WR) 3 Lt. 6 Phinisi merupakan kompetisi antar fakultas di tingkat universitas seperti Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan lainnya sementara dari FPsi ada empat orang perwakilan.

“Pelaksanaannya ada dua tempat, pertama di Ballroom Phinisi lantai 2 dan Ruang Rapat WR 3 lantai 6 Phinisi yang kompetisi antar fakultas tingkat universitas, lawannya ada dari FBS, FMIPA, FT, FIKK, FEB, dan lainnya. Sementara dari Fakultas Psikologi itu ada saya, dan tiga peserta lain. Untuk lomba ini diadakan per tim, dan dalam satu tim terdapat dua individu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mega memaparkan beberapa tahap dalam pelaksanaan seleksi NUDC tingkat wilayah dimulai dari sesi debat bersama dengan partnernya hingga tahapan seleksi tingkat Wilayah LLDIKTI IX.

“Tahapan seleksi itu awalnya saya dengan partner saya berdebat dalam satu sesi, dalam perdebatan itu meskipun melakukannya secara tim, namun penilaiannya dilakukan secara individu. Setelah berdebat sesi satu diumumkanlah delapan pembicara terbaik. Nah delapan ini akan dibagi menjadi empat tim. Alhamdulillah tim saya bersama Tenri Reihan mendapatkan juara tiga. Tahapan selanjutnya itu seleksi tingkat Wilayah LLDIKTI IX, jika lolos dari tingkat wilayah, akan dilanjutkan ke tingkat nasional,” paparnya.

Sebagai penutup, Mega mengungkapkan harapannya agar mahasiswa psikologi dapat meningkatkan kemampuan serta minat mereka dalam bahasa Inggris sehingga perwakilan dari fakultas psikologi dapat terus berlanjut.

“Harapan saya agar mahasiswa psikologi lainnya dapat meningkatkan skill dan minatnya dibidang bahasa inggris agar estafet delegasi psikologi tidak terhenti,” tutupnya. (AIR)

Posting Komentar