Festival EmpowerHer oleh Moksa
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis
Psikogenesis, Senin (22/04) - Hari Perempuan Internasional yang diperingati pada tanggal 08 Maret 2024 mengangkat tema Inspire Inclusion, berfokus pada meningkatkan kesadaran akan diskriminasi yang seringkali menghalangi perempuan meraih potensi penuh mereka. Inklusifitas menciptakan landasan bagi keadilan dan kesetaraan sebagai hak setiap manusia, serta memastikan terpenuhinya hak setiap perempuan dalam semua aspek kehidupannya.

Kampanye Inspire inclusion bertujuan untuk membentuk dunia yang lebih inklusif bagi perempuan secara bersama-sama. Moksa sebagai bagian dari Biro Psikologi Daya Potensia Indonesia yang berfokus pada pengabdian masyarakat, merancang kegiatan sebagai bentuk keikutsertaan dalam kampanye Inspire Inclusion.

 Kegiatan dengan tema Awareness: Bisa Berkarya dan Berdaya, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu diskriminasi yang dihadapi oleh perempuan dan memberikan informasi mengenai hal-hal yang dapat dilakukan secara bersama untuk menciptakan perubahan, serta pentingnya inklusivitas dalam menciptakan kesempatan yang setara pada semua lapisan masyarakat untuk menggunakan potensi yang dimiliki agar bisa berkarya dan berdaya.

339.782 pengaduan dari 457.895 pengaduan adalah Kekerasan Berbasis Gender (KBG) Kekerasan mantan pacar berada di urutan tertinggi, disusul dengan kekerasan terhadap istri, kekerasan dalam pacaran, dan kekerasan terhadap anak perempuan. Bentuk kekerasan yang dialami adalah kekerasan fisik, kekerasan psikis, dan kekerasan seksual. Kekerasan tersebut dialami di ranah personal, publik, dan negara (Catatan Tahunan Kekerasan terhadap Perempuan Tahun 2022 Komnas Perempuan).

Hasil survei menunjukkan bahwa 68% Perempuan di Sulawesi Selatan mengalami diskriminasi. Hasil survey yang dilakukan, didapatkan data bentuk-bentuk diskriminasi yang dialami oleh perempuan adalah (1) Standar berpakaian pada perempuan; (2) Idealnya perempuan menjadi IRT, sehingga tidak perlu sekolah tinggi-tinggi; (3) Perempuan tidak boleh pulang malam; (4) Perempuan harus menikah dan memiliki anak; (5) Bentuk tubuh harus menarik; (6) Harus memiliki suara yang lembut,; (7) Perempuan hanya bisa bekerja sebagai pegawai/staff/bawahan karena hanya laki-laki yang berhak memimpin.

Diskriminasi berdasarkan jenis kelamin dan gender memunculkan sederet permasalahan yang menimpa perempuan, baik di dalam rumah tangga, masyarakat, maupun dalam kehidupan bernegara. Diskriminasi terhadap perempuan merupakan faktor yang selama ini membuat perempuan terpuruk dengan berbagai masalah yang terpelihara (Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia ‘baKTI’ (2020) Perempuan, Masyarakat Patriarki, dan Kesetaraan
Gender).

Acara yang diadakan di Jay&Joy Nipah Mall ini berlangsung dari pukul 10.00 pagi hingga 17.00 sore. Turut hadir dalam acara sekitar 100 peserta (undangan dan peserta umum) serta 30 institusi, termasuk komunitas-komunitas yang peduli dengan isu Perempuan, inklusivitas, dan Kesehatan mental. Festival EmpowerHer 2024 ini terdiri dari beberapa agenda di antaranya: Talk Show dan Bedah Film, Kelas Inklusi (Bahasa isyarat), kelas kreatif (merajut), serta talk show kesehatan mental kolaborasi dengan Jay & Joy Nipah Mall. Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya untuk mengikutinya. Festival EmpowerHer ini juga menjadi wadah sosialisasi dan berkumpulnya penyandang komunitas yang berfokus pada Perempuan, inklusifitas, dan Kesehatan mental. Mereka diberikan akses untuk dapat berekspresi dan bertukar pikiran dengan rekan-rekannya. Sehingga hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan optimis untuk pengembangan diri dan mandiri.

 Pada kesempatan yang sama, Daya Potensia Indonesia meluncurkan MOKSA. “MOKSA merupakan sebuah Lembaga non-profit yang berfokus pada isu-isu krisis kemanusiaan,”. Lembaga ini memiliki tujuan layanan utama ialah: (1) Pendampingan psikologis di situasi krisis, (2) Psikoedukasi, (3) Pemerataan kebutuhan, (4) Perekrutan relawan, (5) Peningkatan kompetensi dalam bentuk pelatihan, dan (6) Penelitian dan penyusunan panduan.

Tentang MOKSA
Moksa adalah lembaga non profit yang dibentuk oleh Daya Potensia Indonesia yang berfokus pada krisis kemanusiaan dan pengabdian Masyarakat yang didirikan pada tahun 2023. Visi kami ialah menjadi pusat krisis dan pengabdian masyarakat yang memberikan layanan psikologi secara profesional dalam situasi krisis kemanusiaan. Misi kami ialah memberikan layanan psikologi pada situasi krisis, yaitu (1) Memberikan penanganan psikologis kepada penyintas yang kurang mampu. (2) Memberikan layanan psikologis kepada para pendamping korban kasus-kasus kekerasan di Wilayah Indonesia Timur. (3) Meningkatkan kompetensi individu atau lembaga dalam melakukan dukungan psikologis awal di situasi krisis. (4) Memberikan pelatihan mengenai layanan-layanan psikologis yang dapat dilakukan di situasi krisis. (5) Menjadi penghubung antar lembaga atau instansi terkait pemulihan psikologis pasca situasi krisis. Lembaga ini memiliki tujuan layanan utama ialah: (1) Pendampingan psikologis di situasi krisis, (2) Psikoedukasi, (3)
Pemerataan kebutuhan, (4) Perekrutan relawan, (5) Peningkatan kompetensi dalam bentuk pelatihan, dan (6) Penelitian dan penyusunan panduan.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi:
LHasri Isrami A. Syamsu
Ketua Panitia Festival EmpowerHer: Bisa Berkarya dan Berdaya

Posting Komentar