Pamflet Sastra Masuk Sekolah HMPS SASINDO FBS UNM
Sumber: Dok. Panitia
Psikogenesis, Sabtu (20/04) – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sastra Indonesia (SASINDO) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar kegiatasn Sastra Masuk Sekolah (SMS) pada Senin hingga Jumat (22-26/04) mendatang.

Ardisa selaku Ketua Panitia SMS menjelaskan bahwa kegiatan SMS merupakan wadah pembelajaran bagi mahasiswa Sastra Indonesia yang menjadi tempat merumuskan dan membahas isu kesustraan yang merupakan wujud pengawalan mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia yang turut andil dalam perkembangan dan kemajuan literasi dan kesusastraan di Indonesia untuk memperkenalkan sastra dan meningkatkan kreativitas kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam hal literasi kesusastraan.

“Sastra Masuk Sekolah HMPS SASINDO 2024 merupakan wadah pembelajaran bagi mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia dan menjadi tempat merumuskan dan membahas isu kesusastraan. Kegiatan ini (baca: SMS) menjadi salah satu wujud pengawalan mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia yang turut andil dalam perkembangan dan kemajuan literasi dan kesusastraan di Indonesia untuk memperkenalkan sastra kepada siswa Sekolah Menengah Atas serta meningkatkan kreativitas siswa Sekolah Menengah Atas dalam hal literasi dan kesusastraan, baik itu secara teoritis maupun dalam praktik” Jelasnya.

Ardisa atau yang akrab disapa Arsa  memaparkan bahwa SMS ditujukan untuk menjaga dan meningkatkan literasi siswa dalam mengenal sastra melalui komunikasi, media tulis, penerapan dari kegiatan membaca, serta hadir sebagai wadah minat bakat literasi siswa.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk menjaga dan meningkatkan literasi siswa atau siswi dalam mengenal lebih mengenai sastra, terkhusus pada sastra Indonesia, hal itu melalui komunikasi, media tulis serta penerapan dari kegiatan membaca, kegiatan kami juga hadir sebagai wadah minat bakat literasi siswa siswi untuk semakin dikembangkan,” paparnya.

Arsa juga menjelaskan bahwa kegiatan SMS dikhususkan bagi siswa/i SMA Negeri 14 Jeneponto yang akan dilaksanakan pada Senin hingga Jumat (22-26/04) di SMA Negeri 14 Jeneponto dengan melibatkan beberapa Lembaga Kesenian, Lembaga Publikasi dan pihak sekolah, serta didukung oleh Bupati Jeneponto, Dinas Perpustakaan dan Balai Bahasa.

“Kegiatan Sastra Masuk Sekolah akan segera dilaksanakan pada tanggal 22 hingga 26 April 2024 hari Senin mendatang ini di SMA Negeri 14 Jeneponto. Peserta sepenuhnya siswa siswi SMA Negeri 14 Jeneponto. Kami juga melibatkan beberapa Lembaga Kesenian, Lembaga Publikasi dan tentunya pihak sekolah. Karna kegiatan ini di luar Makassar, melibatkan pihak sekolah sebagai tempat pengabdian, SMS tidak lupa kegiatan kami juga didukung oleh Bupati Jeneponto, Dinas perpustakaan dan Balai Bahasa,” tuturnya.

Akhir kata, Arsa berharap agar kegiatan SMS dapat bermanfaat bagi siswa SMA Negeri 14 Jeneponto dan seluruh elemen yang ikut terlibat, serta menyadari bahwa literasi usia dini merupakan hal yang penting demi kemajuan pendidikan dan dapat memberikan perubahan pandangan mengenai pentingnya mempelajari bahasa Indonesia dan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.

“Harapan kami semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMAN 14 Jeneponto dan seluruh elemen yang ikut terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini, semoga dengan adanya kegiatan ini kita sadar bahwa literasi sejak usia dini sangatlah penting demi kemajuan pendidikan khususnya pada Sekolah menengah Atas serta memberikan dampak maupun perubahan pandangan mengenai betapa pentingnya mempelajari bahasa Indonesia dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari dan besar harapan kami kegiatan ini mendapatkan respons yang positif dari masyarakat dan pemerintah setempat memberikan dukungan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar,” harapnya. (RNA)

Posting Komentar