Kamis (04/12) Demisioner Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) F.Psi UNM periode 2012-2013, Ronny, melayangkan “surat aspirasi” yang ditujukan ke Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (Maperwa Kema) F.Psi UNM. Salah satu poin dalam surat tersebut berisi kekecewaan atas kinerja Kema dalam hali ni BEM dalam mengawal laporan hasil kinerja dekan periode ini.

Yang dimaksud oleh Ronny yaitu kurang optimalnya Kemensospol mengawal laporan hasil kinerja dekan yang berlangsung pada hari Senin (01/12) yang lalu. “Mestinya kita sebagai LK (lembaga kemahasiswaan –red.) khususnya BEM harus betul-betul mengawal. Kita sebagai LK harus bisa menyampaikan saran dari LK untuk dekan. Suara dari LK itu penting. Mestinya kita harus lebih banyak bersuara bukan hanya diam saja mendengarkan LPJ dekan,tutur mahasiswa angkatan 2009 itu.

Dalam suratnya, Ronny menegaskan bahwa BEM semestinya mampu mengawal laporan hasil kinerja dekan secara penuh termaksud untuk hal-hal kecil. Hal kecil yang dimaksudkan oleh Ronny yaitu pengadaan hardcopy kepada masyarakat psikologi yang harusnya dibagikan secara merata, tujuannya adalah agar masyarakat psikologi lebih bisa mengkritisi laporan hasil kinerja dekan tersebut. Menurut pria berdarah Bone itu, BEM tidak sanggup mengawal secara penuh pada saat penyampaian laporan hasil kinerja dekan termasuk untuk mengawal hal-hal kecil.

Nurfadillah Amaliah Idris selaku Ketua Umum Maperwa menanggapi santai surat aspirasi yang dialamatkan bagi lembaga yang dipimpinnya. Mahasiswi angkatan 2012 itu meyakinkan bahwa surat tersebut tidak masalah sama sekali. Ia juga mengingatkan bahwa Maperwa siap menampung dan menerima surat aspirasi dari pihak manapun. “Tidak apa-apa ji, kan memang itu wadah ta semua untuk menyuarakan, sah ji itu. Surat aspirasi itu akan kita rapatkan dulu, kita bicarakan secara internal dulu besok (06/12 –red.)


Rangkaian pelaksanaan pemilihan dekan baru boleh dikatakan selesai seiring dengan ditetapkannya dekan terpilih periode 2015-2019. Namun evaluasi pertanggungjawaban dekan periode ini belumlah usai.Hingga hari ini belum ada bentuk tertulis laporan hasil kinerja pimpinan kampus yang dipublikasikan merata keseluruh civitas akademika Fakultas Psikologi. Adapun harapan dikirimnya surataspirasi ini yaitu agar kedepannya kinerja Maperwa-BEM semakin meningkat, khususnya dalam mengawal laporan hasil kinerja dekan. (DMS)