Martencis,  Pengajar  Muda  XIII  Kabupaten  Nunukan

Indonesia Mengajar telah bekerja selama delapan tahun di 28 kabupaten dari Aceh (Aceh  Singkil  dan Aceh  Utara) hingga Papua (Fakfak, Kepulauan Yapen, Pegunungan Bintang). Hari ini, Ibu Pertiwi kembali memanggil putra-putri terbaik bangsa untuk belajar dan bekerja di pelosok Indonesia bersama masyarakat melalui Program Pengajar Muda. Indonesia Mengajar, secara resmi pada 25 Juni 2018 membuka pendaftaran Pengajar Muda angkatan XVII pada hari  Jumat 25 Juni 2018.

Haiva Muzdaliva, selaku Managing Director Indonesia Mengajar menyampaikan, "Anak-anak muda di lingkaran  ini  gelisah  atas  sesuatu  di  luar diri  kita tentang anak Indonesia, desa-desa terpencil, guru sekolah dan para pengabdi pendidikan di ujung negeri. Saya yakin di luar sana banyak pemuda pemudi yang sama gelisahnya atas isu ini. Maka dari itu, kami membuka kesempatan menjadi pengajar muda angkatan XVII untuk mendapatkan pengalaman satu tahun yang tak terlupakan di sekolah kepemimpinan kami". 

Pengajar muda selama satu tahun akan tinggal bersama masyarakat di satu desa, dan mengajar disatu Sekolah Dasar (SD). Ruang kerja pengajar muda tidak hanya mengajar di SD, tetapi juga ke masyarakat, bersama-sama mengusahakan kemajuan pendidikan di daerah. Satu tahun kehadiran di pelosok-pelosok Indonesia tentunya bukan sekadar pengabdian, melainkan menjadi sebuah kesempatan meningkatkan kapasitas diri, karena akan bertemu berbagai hal yang tak terbayangkan. Tantangan masyarakat, geografis, hingga tantangan mengalahkan diri sendiri. Global competence with grassroot understanding mengirimkan  guru adalah semangat program ini. Guru yang memiliki pengetahuan global dan akan  memiliki  pemahaman akar rumput setelah menjalani proses satu tahun menempa  diri di penempatan. 

Sekolah kepemimpinan ini terbuka bagi siapa saja yang (minimal) telah lulus Strata Satu (S1) dari segala jurusan, baik fresh graduate maupun telah pernah bekerja. Selain itu ruang pengembangan diri ini juga terbuka anak muda yang sudah pernah terjun di bidang pengabdian masyarakat dan masih  ingin  membuka diri  mencari tantangan baru di bagian Indonesia lainnya. Pendaftaran dibuka pada  25 Mei hingga 25 Juni 2018 melalui bit.ly/DAFTARPM17. Melalui informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Pengajar Muda XVII dapat dilihat di www.indonesiamengajar.org.

Posting Komentar