Program Beasiswa Bidikmisi Kemendikbud Ristekdikti RI
Sumber: Google

Psikogenesis, Jumat (02/04)-Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) penerima  Bidikmisi belum menerima dana Bidikmisi semester genap Tahun Ajaran (TA) 2021/2022. 

SR yang merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) UNM penerima Bidikmisi menjelaskan bahwa memang benar dana Bidikmisi sampai saat ini belum cair. 

"Sekarang ini dana untuk uang sakunya mahasiswa bidikmisi masih belum cair sampai sekarang, itu terkhusus untuk mahasiswa bidikmisi. Kalau untuk KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah sudah cair baru-baru ini," ungkapnya. 

Lebih lanjut, SR merasa bingung karena dana tersebut biasanya sudah cair pada awal bulan Maret. 

"Entah kenapa sampai sekarang masih belum cair. Melihat universitas negeri yang lain Bidikmisinya sudah cair. Hanya UNM yang belum," jelas SR. 

Sementara itu, SR menduga terdapat kendala di universitas, sehingga belum ada kepastian kapan pencairan dana Bidikmisi akan dilakukan. 

"Berfikir positif saja lah karena  mungkin salah satu penyebabnya adalah masa pandemi sehingga pihak pimpinan universitas lama untuk memproses terkait pencairan uang saku bidikmisi," tambahnya. 

Tidak hanya SR, mahasiswa berinisial FK yang merupakan salah satu penerima Bidikmisi, juga bernasib sama dengan SR. FK mengatakan bahwa ini merupakan pertama kalinya dana Bidikmisi sangat terlambat diberikan dibadingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. 

"Ini pertama kalinya uang saku bidikmisi lambat begini dan ini yang paling terlambat, biasanya cairnya itu awal semester," tutur FK. 

FK sendiri mengaku bukannya tidar sabar, bahkan ia bersyukur atas pembebasan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Hanya saja, dana Bidikmisi ini merupakan hal yang penting untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan. 

"Bukan pesimis atau bagaimana, kami sudah bersyukur pembayaran UKT sudah dibebaskan tapi kami juga butuh beli buku, keperluan kuliah selama pandemi dan lain sebagainya. Kalau bukan dari uang saku, ambil di mana lagi," ungkap FK. (FN)

Posting Komentar