Pohon Tumbang di Area Fakultas Psikologi UNM.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Rabu (01/03)- Sebuah pohon yang berada di area parkir Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) tumbang diduga akibat cuaca buruk pada Rabu (01/03) siang tadi.

Muhammad Ismul Azham, salah satu saksi mata yang berada di lokasi pada saat kejadian berlangsung menuturkan bahwa pohon tersebut tiba-tiba saja rubuh begitu hujan deras disertai angin kencang mengguyur kawasan kampus.

“Jadi tadi itu sekitaran jam 11, saya tadi sedang duduk-duduk, kebetulan tadi juga itu hujan deras dan angin juga agak kencang, jadi tadi (baca: pohonnya) langsung rubuh,” tutur mahasiswa yang akrab disapa Ismul tersebut.

Ismul juga menambahkan bahwa saat kejadian tidak ada mahasiswa yang berada disekitar pohon tersebut, sehingga robohnya pohon tidak sampai menimbulkan korban jiwa, hanya saja salah satu mobil mahasiswa terkena pohon tumbang tersebut.

“Waktu kejadian tidak ada ji orang-orang di situ (baca: sekitar pohon), sudah pi kejadian baru banyak anak-anak (baca: mahasiswa) kumpul di situ, jadi tidak ada ji korban, cuman ada satu mobil yang tertimpa tapi kayaknya tidak parah ji,” tambahnya.

Nurdin Salam selaku petugas keamanan yang sedang bertugas saat kejadian berlangsung menjelaskan bahwa kondisi pohon memang sudah tua, dia menambahkan bahwa banjir yang sempat mengenang di fakultas beberapa waktu lalu mungkin menjadi salah satu penyebabnya.

“Pohon ini termasuk kedalam area FPsi, jadi kondisinya sedang hujan tadi, terus pohon ini memang sudah tua, dan beberapa waktu lalu memang sempat banjir, jadi mungkin itu yang menyebabkan tanah sekitarnya mungkin amblas,” jelas pria yang akrab disapa Nurdin ini.

Lebih lanjut, Nurdin menyebutkan bahwa ada beberapa kerugian yang disebabkan oleh kejadian ini, diantaranya rusaknya area parkir, putusnya kabel sambungan internet, hingga kendaraan yang rusak akibat tertimpa pohon.

“Untuk kerugian sendiri yang pertama itu pada tempat parkir yang mengalami kerusakan, terus tadi ada mobil milik salah satu mahasiswa, kebetulan saat kejadian dia sedang berada di dalam kelas, setelah dilihat kondisi mobilnya tidak terlalu parah hanya sedikit kerusakan kecil akibat tertimpa ranting, termasuk juga kabel internet yang terputus,” sebutnya.

Nurdin mengatakan bahwa kejadian ini telah dilaporkan ke pihak birokrasi dan sedang menunggu penanganan lebih lanjut.

“Saat ini sementara kita tunggu karena kita juga sudah melaporkan kejadian ini ke pihak universitas, kita tinggal menunggu kapan dieksekusinya,” ucapnya.

Hingga berita ini dibuat, telah dilakukan upaya pembersihan terhadap pohon yang tumbang tersebut. (PHS)

Posting Komentar