Foto Bersama Delegasi ENJ UNM dengan Peserta Sosialisasi.
Sumber: Dok. Pribadi Peserta ENJ

Divisi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Universitas Negeri Makassar (UNM) 2019 menggelar sosialisasi berjudul "Kapan Seharusnya Saya Menikah?" di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 30 Satap Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Rabu (24/07).

Sosialisasi ini dimaksudkan untuk mengedukasi remaja terkait penyebab dan risiko dari pernikahan dini. Hal tersebut dianggap penting untuk memotivasi remaja agar memiliki aspirasi terhadap pendidikannya. 

Koordinator Divisi Kesmas, Alief Saputro mengungkapkan latar belakang diadakannya sosialisasi agar siswa SMP dapat memilih untuk melanjutkan pendidikan daripada menikah di usia muda. "Karena di sini (baca: Pulau Gusung) tidak ada SMA (baca: Sekolah Menengah Atas), jadi besar kemungkinan remaja SMP nya langsung menikah, sehingga perlu adanya sosialisasi," jelas mahasiswa jurusan Geografi UNM angkatan 2015 ini.

Di tempat yang sama, A. Mursyidah Yusuf selaku penanggungjawab dari Divisi Kesmas mengungkapkan bahwa siswa SMPN 30 Satap Bontoharu sangat antusias mengikuti sosialisasi. "Siswa-siswanya sangat tertib dan antusias mendengarkan serta bertanya," ungkapnya.

Adapun pada sosialisasi "Kapan Seharusnya Saya Menikah?" ini diikuti oleh seluruh siswa SMPN 30 Satap Bontoharu sejumlah 52 orang.

Posting Komentar