Buku Ajar Psikologi Perkembangan yang disusun oleh tiga pengajar FPsi UNM yakni Muhammad Daud, Dian Novita Siswanti, dan Novita Maulidya Jalal.
Sumber: Dok. Pribadi Novita Maulidya Jalal.

Psikogenesis, Selasa (02/03)-Tiga pengajar Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yakni Muhammad Daud, Dian Novita Siswanti, dan Novita Maulidya Jalal berhasil menerbitkan buku ajar Psikologi Perkembangan Anak. 

Novita Maulidya Jalal, salah satu penyusun buku ajar Psikologi Perkembangan Anak mengatakan bahwa yang mendasari mereka untuk menyusun buku ini adalah memudahkan mahasiswa dan para pembaca dalam memperoleh pengetahuan terkait perkembangan anak. 

“Karena ini merupakan buku ajar disesuaikan dengan panduan RPS (baca: Rancangan Pembelajaran Semester). Kalau secara pribadi kenapa saya mau menyusun buku ini karena kan kita sebagai pengajar atau ilmuan berusaha bisa berkontribusi dengan karya tulis seperti ini,” tuturnya. 

Novi juga mengaku bahwa selama proses penyusunan buku sempat mengalami beberapa kendala, yakni waktu dan kesempatan. Proses penyusunan buku ini memakan waktu yang sangat panjang dan para penyusun juga memiliki kesibukan masing-masing.

"Untuk masalah kendala kami para dosen dan para penyusun hanya terkendala pada waktu dan kesempatan, karena kami juga punya kesibukan masing-masing jadi disusunnya juga agak lama. Kami para dosen memang punya kemampuan untuk menyusun buku tapi kami terkendala pada waktu karena kesibukan," ungkapnya.

Sementara itu, Novi menyampaikan rasa syukur atas terbitnya buku ajar yang saat ini dalam proses produksi dan pencetakan. Buku ini pun akan diupayakan ada dalam bentuk soft file atau PDF agar dapat diakses oleh mahasiswa. 

“Intinya sangat bersyukur sudah terbit, artinya ada lagi satu karya yang bisa bermanfaat untuk mahasiswa dan masyarakat di luar sana. Hanya saja buku ini agak sulit untuk dipahami oleh masyarakat luas karena banyak teori atau istilah ilmiah karena ini juga hanya buku ajar sehingga diperuntukkan untuk akademis atau mahasiswa," tambahnya. 

Di akhir kata, Novi berharap buku ini bisa bermanfaat, direvisi kembali agar lebih berkualitas, dan dapat menghasilkan karya selanjutnya yang bukan sebagai bahan ajar tetapi juga untuk masyarakat luas. 

“Semoga juga buku ini dapat bermanfaat dan dimanfaatkan, maksudnya dimanfaatkan semoga pembaca bisa men-share ilmu yang yang didapatkan setelah membaca buku ini,” tuturnya. (CVD)

Posting Komentar