Surat suara pemilu Presiden BEM Kema FPsi UNM.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis.

Psikogenesis, Selasa (02/03)-850 mahasiswa dari 1446 mahasiswa aktif telah melakukan registrasi sebagai pemilih hingga hari pertama agenda pemungutan suara dalam pemilihan umum (pemilu) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM). 

Arya Hidayat Syam sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kema FPsi UNM menjelaskan bahwa jumlah mahasiswa yang telah menyelesaikan registrasi sudah mencapai 850 mahasiswa. 

“Tapi yang baru gunakan hak pilihnya masih 678,” jelasnya. 

Meskipun begitu, terkait perolehan suara sementara, mahasiswa yang kerap disapa Arya ini mengungkapkan bahwa suara yang masuk tersebut belum pasti pembagiannya. Hal ini dikarenakan belum dilakukan penghitungan secara pasti. 

“Sebenarnya belum bisa dihitung, karena jangan sampai ada suara yang tidak sah/dobel, (sehingga) baru bisa dihitung selepas pemilihan ditutup,” ungkapnya. 

Arya juga menjelaskan bahwa selama hari pertama proses pemungutan suara berlangsung, KPU menerima beberapa laporan yang berkaitan dengan kendala pemilih dalam proses pemungutan suara, seperti kendala saat login akun. Untuk mentaktisi kendala tersebut, KPU tetap berupaya agar pemilih dapat menggunakan hak suaranya. 

“Kalau lupa password, kita hapus akun lamanya agar user buat akun baru. Kalo lupa username/email, bisa kita bantu lihatkan,” jelasnya. 

Mahasiswa angkatan 2016 ini pun menambahkan bahwa agenda pemungutan suara akan tetap berlangsung hingga Rabu (03/03) dan situs web pemilu yang disediakan KPU akan tetap dibuka hingga waktu yang ditentukan. 

"Tetap dibuka, sudah ada di caption yang disebar, 22.00 WITA,” tambahnya. 

Hingga berita ini diterbitkan, melalui quick count reporter LPM Psikogenesis terhitung terdapat 678 pemilih yang telah menggunakan hak pilihnya di situs web pemilufpsiunm.com. (BLU)

Posting Komentar