Pamflet Webinar "Peluang dan Tantangan Mewujudkan School Well Being Dalam Pembelajaran di Era 4.0 dan Merdeka Belajar" oleh APPI Sulsel bersama Fakultas Psikologi UNM via Zoom Meeting pada Selasa (25/05)
Sumber: Dok. APPI Sulawesi Selatan

Psikogenesis, Sabtu (22/05)-Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) Wilayah Sulawesi bersama Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) webinar dengan tema "Peluang dan Tantangan Mewujudkan School Well Being Dalam Pembelajaran di Era 4.0 dan Merdeka Belajar" pada Sabtu (22/05) tadi. 

Eva Meizara Puspita Dewi selaku Ketua APPI Sulawesi menjelaskan bahwa webinar ini merupakan program kerja dari APPI Sulawesi yakni menyelenggarakan webinar bertajuk kesehatan mental. 

"Karena ada kondisi pandemi yang seperti ini. Kesehatan mental di sekolah karena APPI kan psikologi pendidikan," ungkap pengajar yang kerap disapa Eva ini. 

Lebih jauh, Eva bertutur bahwa topik webinar yang dibawakan oleh Diana Setiyawati ini pun disesuaikan dengan kondisi saat ini yang mana orang-orang bosan dengan pembelajaran daring. 

"Banyak masalah, tidak hanya siswa, (baca: termasuk juga) dosen, guru, orang tua. Bisa jadi akan menjadi tidak sehat mental ketika kita tidak bahagia dan tidak menikmati proses yang seperti itu. Makanya saya berharap pencerahan sedikit untuk mahasiswa minimal," tuturnya. 

Sementara itu, Eva mengaku sangat bersyukur karena berbagai perguruan tinggi turut serta dalam webinar yang diselenggarakan. 

"Tapi saya sangat menyayangkan teman-teman di psikologi sendiri tidak banyak yang ikut itu. Padahal ini hal penting bagian dari mata kuliahnya. Mestinya dia lebih excited dong daripada teman-teman yang memang tidak tau apa itu school well being," tambahnya. 

Eva pun berharap agar hal yang telah didengarkan di webinar ini bisa diaplikasikan ke orang-orang terdekat. Di akhir kata, ia menyampaikan bahwa APPI akan kembali mengadakan webinar pada Selasa (25/05) mendatang tentang intervensi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di rumah dan di sekolah. 

"Jadi memang APPI ini saya berharap bisa menginspirasi terus, memfasilitasi masyarakat apa yang dibutuhkan. Kami akan selalu peka untuk itu," tuturnya. (OA)

Posting Komentar