Pemilihan Mahasiwa Berprestasi (Mawapres) Universitas Negeri Makassar (UNM) dilaksanakan kembali pada tahun ini. Ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh pihak universitas. Sebelum ke tingkat universitas, masing-masing Fakultas mengusulkan Mawapres-nya. Fakultas Psikologi sendiri telah membuka pendaftaran sejak tanggal 23 April – 04 Mei 2015. Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan beserta tim telah melakukan sosialisasi dengan memasuki kelas-kelas sejak 23 April.

Wawan Kurniawan selaku penanggung jawab kegiatan pemilihan Mawapres tingkat Fakultas yang sekaligus merupakan Mawapres UNM pada tahun 2013 yang lalu mengungkapkan bahwa Mawapres merupakan kegiatan untuk mencari mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan non akademik yang seimbang. Lebih lanjut, Mantan Pemimpin Umum LPM Psikogenesis ini menjelaskan persyaratan yang harus dimiliki mahasiswa yang hendak mendaftar sebagai Mawapres. “Syaratnya itu kita mengikut dari aturan yang  memang sudah ditentukan dari pusat. Seperti mereka (calon pendaftar, red-) bisa membuat karya tulis yang temanya sudah ditetapkan, IPKnya diatas 3,00, memiliki prestasi yang tinggi dalam hal ini ada 10 prestasi yang lebih bagus maksudnya ada 10 prestasi terbaik yang dia miliki, bisa berbahasa Inggris atau bahasa PBB lainnya misalnya Prancis, Cina,  Jerman dan sebagainya”.


Muh. Ahkam, selaku Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan mengungkapkan bahwa setiap tahun Fakultas Psikologi mengutus Mawapres-nya dan kemudian diseleksi di tingkat universitas. Mawapres yang diutus Fakultas Psikologi ke tingkat Universitas sejak tahun 2011 selalu menempati posisi 3 besar. Sebagai pengingat, pada tahun 2011 dan 2012 Fakultas Psikologi mengutus Rezkiani Aras dan Dian Din Astuti Mulia, mereka mendapat juara 2. Sementara pada tahun 2013 Fakultas Psikologi mengutus Wawan Kurniawan yang berhasil meraih juara 1 dan menjadi Mawapres tingkat Universitas. Pada tahun 2014 Fakultas Psikologi mengutus Victor Matanggaran dan berhasil meraih juara 2.


Pendaftaran Mawapres pada tahun ini lebih dikhususkan bagi mahasiswa angkatan 2012. “Sasarannya tahun ini ke 2012, karena memang 2012 yang akan turun. Tahun lalu kan 2011. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau ada angkatan lain mau, silahkan. Misalnya kalau ada 2013 yang lebih bagus atau masih ada 2011, bisa saja, nda masalah. Cuma memang harapan kita itu yang dipilih 2012. Supaya ini berganti setiap tahun”, ungkap Ahkam selanjutnya. Hingga berita ini diturunkan belum ada kepastian tentang Mawapres Fakultas yang akan diutus pada tingkat Universitas. “Mawapres itu belum ada karena mereka masih harus merampungkan berkasnya. Besok sore (7/4) baru dilakukan tahap selanjutnya”, jelas Dosen Statistik ini. (KAY)