Penyerahan Cinderamata oleh Muhammad Jufri selaku Dekan FPsi UNM kepada Sugeng Hariadi selaku Ketua Jurusan Psikologi FIP UNNES dalam rangka Pelepasan Mahasiswa Pertukaran UNNES-UNM Tahun 2017 yang dilaksanakan di Ruang Rapat FPsi UNM, Rabu (10/01).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Jumat (12/10)-Empat mahasiswa pertukaran Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes)-Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah mengikuti rangkaian acara pelepasan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Fakultas Psikologi (FPsi) UNM, Rabu (10/01) kemarin.

Dalam sambutan yang diberikan, Muhammad Jufri selaku Dekan FPsi UNM mengungkapkan bahwa selama mahasiswa pertukaran tersebut mengikuti kegiatan perkuliahan, tentu hal yang mereka dapatkan di bangku perkuliahan tidak memiliki karakteristik yang sama persis dengan kondisi di Semarang. Namun, hal tersebut harus dapat diterima sebagai sebuah keunikan. "Justru karena dia UNM maka dia harus ada perbedaan dengan Unnes. Jadi perbedaan ini tentu harus dimaknai sebagai sebuah keragaman," ungkapnya.

Lebih jauh, ia juga menuturkan bahwa pertukaran mahasiswa Unnes-UNM yang sudah berjalan selama lima angkatan ini telah memberi banyak manfaat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, efek yang ditimbulkan pun memiliki waktu jangka panjang, utamanya pengenalan tentang Cross Culture Psychology dimana mereka memahami tentang karakteristik kehidupan budaya di Sulawesi Selatan. "Saya yakin itu juga menjadi bagian dari pengetahuan yang sangat penting dan akan ikut menambah wawasan dan pengalaman hidup dari anak kita berempat untuk menjadi bekal agar makin lebih sempurna dalam perkembangan kepribadiannya," tuturnya.

Ia turut berharap bahwa kerjasama ini akan terus berlanjut, dapat terus dikembangkan dan variasi dari kegiatan ini dapat terus ditambahkan. "Mudah-mudahan Pak Ketua Program Studi (Kaprodi) selaku ketua jurusan mungkin ada diskusi-diskusi yang bisa dikembangkan untuk mendorong perkembangan dari kerjasama kedua lembaga yang sangat baik ini," harapnya.

Acara pelepasan ini dihadiri oleh pihak Unnes yaitu Sugeng Hariadi selaku Ketua Jurusan Psikologi FIP Unnes dan Amri Hana Muhammad, salah seorang dosen yang hadir mendampingi. Rencananya, mahasiswa pertukaran UNM-Unnes akan turut mengikuti acara pelepasan yang dilaksanakan pada Kamis (11/01). (SZ)

Posting Komentar