Ruang Baca Perpustakaan Umum UNM
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Rabu (10/01)-Buku yang tersedia di Perpustakaan Umum dan Perpustakaan Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar  (UNM) dinilai kurang lengkap. Hal ini dikeluhkan oleh sebagian mahasiswa FPsi karena kurangnya buku atau referensi sehingga menghambat penyelesaian tugas.

Afnila Nur, salah satu mahasiwi angkatan 2017 FPsi UNM yang mengeluhkan kurang lengkapnya buku yang ada di Perpustakaan UNM dan Perpustakaan FPsi UNM. “Kurang lengkap karena refensi yang saya butuhkan tidak ada di Perpustakaan UNM dan Perpustakaan FPsi,” ungkapnya.

Salah satu petugas Perpustakaan UNM Syamsidar mengungkapkan bahwa buku-buku yang ada di Perpustakaan UNM adalah sebagian sumbangan buku dari Perpustakaan Nasional. “Perpustakaan Umum ibaratnya sebagai induk dan perpustakaan fakultas merupakan anak-anaknya,” ungkapnya. 

Selanjutnya, Syamsidar menambahkan bahwa FPsi juga mempunyai perpustakaan tersendiri sehingga Perpustakaan UNM hanya sebagai pelengkap buku-buku yang tidak ada di Perpustakaan Fakultas. 

Lain halnya di Perputakaan FPsi, Marlina selaku salah satu petugas Perpustakaan FPsi menjelaskan bahwa buku-buku yang ada di Perpustakaan FPsi merupakan hasil denda mahasiswa FPsi untuk membeli buku atau referensi. Sebagian buku di perpustakaan FPsi juga merupakan hasil sumbangan buku dari para alumni FPsi. “Pengadaan buku sudah diajukan ke pihak fakultas dan sudah ada dananya, tapi kami (baca: petugas perpustakaan) tidak mengetahui buku-buku apa saja yang dibutuhkan mahasiswa,” jelasnya.  

Sementara ini, Perpustakaan UNM telah mengajukan pengadaan buku ke pihak Universitas. Dari pihak Perpustakaan FPsi juga sudah menanyakan ke pihak dosen pengajar mengenai buku atau refensi yang dibutuhkan mahasiswa tapi tidak ada tanggapan dari dosen pengajar mengenai hal tersebut. “Sudah dibicarakan ke pihak dosen pengajar soal bukunya, takutnya nanti kita (baca: petugas perpustakaan) salah beli atau bagaimana,” ujar Marlina selaku petugas Perpustakaan FPsi.  (014)

*Berita ini ditulis oleh Peserta Magang Diklat Jurnalistik (DJ) X LPM Psikogenesis

Posting Komentar