Drs. H. Arifuddin Usman, M.Kes. selaku Wakil Rektor III Universitas Negeri Makassar sekaligus membuka acara Seminar Nasional secara resmi yang diselenggarakan oleh Rapimnas (Rapat Pimpinan Nasional) 2018 Ikahimatika (Ikatan Himpunan  Mahasiswa Matematika) Indonesia di Auditorium Ammanagappa pada Rabu (24/01).


Psikogenesis, Kamis (25/01)–Seminar Nasional bertema “Peranan Matematika dan Pembelajarannya dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Bangsa” merupakan salah satu rangkaian acara kegiatan Rapat Pimpinan Nasional (Rampimnas) 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Indonesia di Auditorium Amanagappa Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Rabu (24/01).

Muhammad Nur Rahman selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa Rapimnas merupakan program dari Himatika Indonesia yang diadakan sekali dalam dua tahun, dan untuk pertamakalinya diadakan di Pulau Sulawesi tepatnya di Sulawesi Selatan. UNM terpilih menjadi tuan rumah.  “Yang punya kegiatan itu Himatika, mereka (baca: Himatika) punya ide untuk dilaksanakan  Rapimnas di Sulawesi, dan Universitas Negeri Makassar yang menjadi tuan rumah.  Ini kan kegiatan dua tahun sekali,” jelasnya.

Mahasiswa angkatan 2015 jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNM tersebut mengungkapkan bahwa Seminar Nasional yang merupakan rangkaian kegiatan Rapimnas ini diadakan agar orang-orang yang hadir dari luar Sulawesi tidak jenuh dan tidak datang hanya untuk kegiatan Rapimnas. “Kami dari panitia ini menyelipkan beberapa rangkaian kegiatan dengan alasan kita mau orang-orang yang datang dari luar Makassar, dia tidak jenuh, tidak datang untuk forum saja,” ungkapnya. 

Selain itu, rangkaian kegiatan lainnya yakni Latihan Kepemimpinan Manajaemen Matematika (LKMM) tingkat dasar dan tingkat madya serta Fieldtrip keliling Kota Makassar.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa peserta berasal dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia, guru-guru dari tiap SMA dan SMK, dan juga dosen. ”Ada dari Universitas Indonesia, ada dari Universitas Sulawesi Barat, ada guru-guru dari setiap SMA, SMK, ada juga dosen-dosen,” tambahnya.

Salah satu peserta dalam Seminar Nasional tersebut yakni Darmawati dari Universitas Sulawesi Barat mengungkapkan bahwa dirinya sendiri baru pertama kali mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh Himatika Indonesia dan mengapresiasi acara tersebut karena dapat bertukar pikiran dengan peserta yang tidak hanya mahasiswa melainkan guru dan dosen. “Saya baru pertamakali mengikuti kegiatan ini, bagus sekali juga acaranya karena kita dapat sharing dengan peserta lain,” ucapnya. (ANR)

Posting Komentar