Beberapa tahun terakhir, peminat Fakultas Psikologi semakin meningkat. Banyak kampus yang telah menyediakan fakultas ini dengan berbagai akreditasi. Namun, apakah Fakultas Psikologi telah sesuai dengan minat dan bakat para mahasiswanya? Berikut adalah hasil survei yang diperoleh setelah pengisian form dari LPM Psikogenesis mengenai ketepatan memilih Fakultas Psikologi.


Sebanyak 105 responden merasa bahwa Fakultas Psikologi telah sesuai dengan dirinya, sedangkan 18 responden merasa bahwa Fakultas Psikologi belum atau tidak sesuai dengan dirinya.


Dari 18 responden yang merasa Fakultas Psikologi belum atau tidak sesuai dengan dirinya, 11 diantaranya merasa bahwa ketidaksesuaian tersebut mempengaruhi studi dan cara belajar, sedangkan 7 lainnya merasa ketidaksesuaian tersebut tidak mempengaruhi studi dan cara belajar.


Dari 18 responden yang merasa Fakultas Psikologi belum atau tidak sesuai dengan dirinya, 8 diantaranya berniat untuk pindah di jurusan lain dan 10 lainnya tidak berniat untuk pindah di jurusan lain.


Dari 123 responden, 68 orang memilih Fakultas  Psikologi karena tertarik dengan ilmu Psikologi, 13 orang memilih Fakultas psikologi karenas saran atau pilihan orang lain (orang tua, teman, dll), 15 orang memilih Fakultas Psikologi karena kebetulan lulus di Fakultas Psikologi, 8 orang memilih Fakultas Psikologi karena prospek kerja yang luas, dan 19 orang memiliki alasan lainnya.

Dari survei yang telah dilakukan tersebut juga diperoleh hasil mengenai manfaat yang telah responden dapatkan selama berkuliah di Fakultas  Psikologi. Beberapa diantaranya mendapatkan manfaat berupa pengetahuan mengenai ilmu Psikologi, dapat mengetahui lebih jauh mengenai diri sendiri dan orang lain, dan dapat memperluas cara berfikir. Bahkan, beberapa responden merasa bahwa mereka mampu membaca karakter dan fikiran orang lain setelah mempelajari ilmu Psikologi.

*Riset dibuat oleh Peserta Magang Diklat Jurnalistik (DJ) X LPM Psikogenesis.

Posting Komentar