Ruang kuliah BB 103 FPsi UNM
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Selasa (09/01)-Salah satu ruangan yang digunakan sebagai tempat perkuliahan di Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), yaitu ruang BB 103 memicu ketidaknyamanan mahasiswa. Hal tersebut disebabkan karena lokasi ruang kuliah yang bersebelahan dengan kantin FPsi UNM.

Mahasiswa angkatan 2017 berinisial ZF mengeluhkan hal tersebut. Ia mengungkapkan ketidaknyamanan ketika belajar di BB 103 yang dikarenakan aroma makanan yang bercampur aduk dan menimbulkan bau yang tidak sedap. “Saya kurang anu di situ (baca: BB 103) soalnya proses belajar mengajar itu kurang efektif karena itu (baca: aroma makanan) mengganggu. Setiap kali kita belajar kayak menyengat di hidung begitu,” jelasnya.

Menanggapi keluhan tersebut, Muhammad Nurhidayat Nurdin selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) FPsi UNM mengungkapkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh mahasiswa. “Mohon maaf yang sebesar-besarnya untuk ketidaknyamanan itu, kita tidak mungkin memungkiri bahwa itu memang kondisi faktual di lapangan,” tuturnya.

Lebih lanjut,  dosen pengampuh mata kuliah Psikologi Komunikasi ini menuturkan bahwa permasalahan tersebut bisa jadi masukan bagi Pembantu Dekan II (PD II) Bidang Keuangan dan Administrasi sebagai penanggung jawab fasilitas. “Supaya lebih akurat nanti teman-teman melalui lembaga perwakilan di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) dapat mengajukan format resmi terkait keluhan yang ada, agar ke depannya bisa ditindak lanjuti oleh pihak fakultas,” ungkapnya. 

Selanjutnya, Dayat menambahkan bahwa pihak fakultas sangat terbuka atas masukan-masukan dari mahasiswa. “Pak Dekan dan PD II juga terbuka kalau ada masukan terkait dengan fasilitas, apalagi yang secara jelas dan nyata mengganggu proses pembelajaran,” pungkasnya. (011)

*Berita ini ditulis oleh Peserta Magang Diklat Jurnalistik (DJ) X LPM Psikogenesis

Posting Komentar