Agenda Pembukaan Bakti Sosial BEM FMIPA UNM di Gedung FF 105 FMIPA UNM pada Jumat (18/02) Kemarin.
Sumber: Dok. Panitia Bakti Sosial BEM FMIPA UNM

Psikogenesis, Minggu (20/02)- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggarakan kegiatan bakti sosial dengan tema "Tebar Kepedulian, Ciptakan Kebersamaan, Wujudkan Sinergitas, Membawa Perubahan untuk Negeri" di Desa Rappolemba, Kabupaten Gowa, selama satu pekan terhitung sejak Jumat (18/02) hingga Sabtu (26/02).

Shely Rizky Aprilia, atau Shely, selaku koordinator acara dalam kegiatan bakti sosial BEM FMIPA UNM menjelaskan bahwa bakti sosial diadakan sebagai salah satu program kerja dari Kementerian Sosial dan Politik (Kemensospol), serta sebagai sarana silaturahmi dan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Bakti sosial 2022 BEM FMIPA UNM sebenarnya merupakan salah satu program kerja dari Kementerian Sosial dan Politik dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi antar civitas FMIPA ataupun BEM dan dengan warga tentunya, melibatkan seluruh pengurus BEM FMIPA UNM dan beberapa delegasi kepanitiaan dari LK se-FMIPA UNM," jelas mahasiswi yang juga menjabat sebagai staff Kemensospol BEM FMIPA UNM.

Lokasi bakti sosial oleh Shely dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan atas tiga aspek kriteria, ekonomi, lingkungan, dan pendidikan, dimana Desa Rappolemba di Kabupaten Gowa dipilih menjadi lokasi kegiatan setelah dilakukan pengkajian.

"Kami telah melakukan cek lokasi di beberapa tempat dengan melihat tiga aspek yang ingin dicapai yaitu aspek ekonomi, lingkungan, dan pendidikan. Setelah melakukan pengkajian Desa Rappolemba menjadi pilihan kami agar ketiga aspek tersebut tercapai," tambah Shely.

Bakti sosial yang dilakukan oleh BEM FMIPA UNM terdiri atas beberapa bentuk program bantuan, mulai dari taman baca, lomba tradisional, renovasi masjid, aksi ramah lingkungan, hingga ramah tamah bersama warga setempat di penghujung agenda bakti sosial nantinya.

"Bantuan dilakukan melalui program kerja yang kami lakukan, antara lain Sekolah Alam, Taman Baca yang dirangkaikan dengan donasi buku di sekolah, lomba tradisional, kultum dan tartil, renovasi masjid dan donasi Al-Quran, Teman Rimba yang dimana kami merancang tempat sampah yang ramah lingkungan dengan tetap menggunakan hasil alam untuk memicu kesadaran warga sekitar agar pentingnya menjaga lingkungan. Terakhir ada ramah tamah dimana kami bersama warga setempat menampilkan penampilan di malam ramah tamah. Selain program kerja yang kami tawarkan, kami juga melakukan pembagian sembako untuk warga Desa Rappolemba," urai Shely.

Dengan diadakannya kegiatan bakti sosial ini, Shely mewakili BEM FMIPA UNM berharap semua agenda berjalan lancar sesuai rencana, panitia bisa memberikan yang terbaik, serta berharap semua program yang diadakan dapat diterima dengan baik oleh warga Desa Rappolemba.

"Kami harap bakti sosial ini berjalan dengan lancar dan sesuai rencana sebelumnya, kami juga berharap baik dari kepanitiaan bakti sosial 2022 maupun jajaran kepengurusan BEM FMIPA UNM bisa memberikan yang terbaik dalam aksi bakti sosial ini, selain itu harapan besar agar semua program kerja yang kami lakukan dapat diterima baik oleh warga setempat," harap Shely. (AR)

Posting Komentar