Foto Bersama Kegiatan Psychology Leadership Training
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (19/02) – Forum Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Psychology Leadership Training (PLT) 2023 yang seharusnya dimulai pada Senin (20/11), belum diforumkan hingga saat ini.

Hayatul Mutmainnah Ardin selaku Menteri Pendidikan dan Pelatihan (Mendiklat) mengungkapkan bahwa LPJ PLT 2023 diundur sampai saat ini karena terkendala administrasi, sebab sebagian besar yang terlibat kepanitiaan sebelumnya telah lulus serta panitia telah libur. 

“Hal ini dikarenakan saat ini kepanitiaan PLT pada saat itu sudah banyak yang lulus, jadi secara administratif tidak bisa lagi dikatakan sebagai panitia, yang kedua bahwa tidak adanya waktu yang cocok karena kemarin juga sudah libur. Banyak panitia yang kemudian pulang ke kampungnya melaksanakan libur," ungkapnya.

Mahasiswi yang akrab disapa Inna tersebut menambahkan bahwa solusi untuk pelaksanaan LPJ PLT kali ini adalah dengan menyelesaikan LPJ tersebut sembari berkoordinasi dengan panitia dan Komisi I serta rekan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa).

“Saat ini solusinya untuk pelaksanaan LPJ-nya itu sudah kita lakukan, jadi LPJ tetap diselesaikan. Jadi kita tetap berkoordinasi dengan panitia untuk menyelesaikan LPJ itu, juga tetap menembuskan ke rekan Maperwa, tetap direvisi dan saat ini dalam koordinasi dengan Komisi I," tambahnya. 

Inna juga menjelaskan bahwa LPJ PLT 2023 saat ini memiliki kemungkinan yang kecil untuk dapat diforumkan meski akan tetap dipertanggungjawabkan sebelum berakhirnya periode.

“Kalau kemungkinan untuk diforumkan itu sisa kecil, mungkin akan tetap dipertanggungjawabkan tapi tidak kami forumkan, jadi sifatnya itu tetap kami pertanggungjawabkan dan mungkin akan secepatnya sebelum berakhir periode karena itu merupakan bagian dari tanggung jawab," jelasnya.

Lebih lanjut, mahasiswi angkatan 2020 itu mengungkapkan bahwa akan ada sarana lain jika sekiranya LPJ PLT 2023 tidak diforumkan.

“Secara keseluruhan masyarakat Keluarga Mahasiswa (Kema) semuanya pasti akan tergabung dalam itu untuk menjadi peserta peninjau mereka berhak untuk datang mempertanggungjawabkan itu pun kalau diforumkan kalau tidak pasti kita akan membuat sarana lain untuk mempertanggungjawabkan kegiatan PLT tersebut," lanjutnya.

Sebagai penutup, Inna menyebutkan bahwa LPJ PLT yang tidak diforumkan akan berdampak pada Program Kerja (Proker) lain, kendati saat ini Kementerian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) serta panitia PLT sedang berusaha untuk melaksanakan LPJ, meski tidak dapat diforumkan.

“Ya dampaknya pasti yang pertama tidak ada forum untuk mempertanggungjawabkan secara garis besar itu pasti akan mengganggu keberlangsungan proker-proker lain, sampai saat ini masih berusahaji teman-teman Pendidikan dan Pelatihan (Baca: Diklat) dan teman-teman kepanitian untuk melaksanakan LPJ-nya tapi sekali lagi saya katakan mungkin tidak akan bersifat forum lagi seperti itu. Mungkin seperti pertanggungjawaban PLT tahun sebelumnya atau di tahun 2022 kemarin," tutupnya. (JK)

Posting Komentar