Suasana Forum LPJ Pengukuhan 2024 FPsi UNM di Baruga Kemahasiswaan 
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis
Psikogenesis, Kamis (29/02) – Forum Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pengukuhan 2024 Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang dikabarkan sempat tertunda beberapa pekan lalu akhirnya resmi dibuka pada Senin (26/02) lalu dan akan dilanjutkan pada Kamis (29/02) di Baruga Kemahasiswaan FPsi UNM.

Alfian Alfriyadi selaku Ketua Panitia Inaugurasi 2024 menanggapi mengenai keterlambatan dibukanya forum LPJ, Alfian menjelaskan bahwa jadwal pelaksanaan Forum LPJ Pengukuhan 2024 merupakan hal yang berada di luar kapasitasnya sebagai Ketua Panitia, mengingat jadwal terlaksananya forum merupakan hasil keputusan dari Kementerian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM.

“Untuk pertanyaan ini (baca: alasan LPJ Pengukuhan 2024 ditunda), saya tidak bisa berkomentar lebih panjang karena kenapa, tugas saya sebagai Ketua Panitia itu cuma mempersiapkan apa yang harus saya persiapkan, seperti bagaimana saya mempersiapkan LPJ-nya saya sebagai Ketua Panitia. Untuk waktunya itu tetap diatur sama BEM itu sendiri," jelasnya.

Berdasarkan sudut pandang Ketua panitia, Alfian juga menambahkan bahwa kemungkinan terjadinya penundaan Forum LPJ Pengukuhan 2024 dikarenakan waktu yang bertabrakan dengan Musyawarah Besar (Mubes) oleh beberapa Lembaga Kemahasiswaan (LK) Kema FPsi UNM sehingga sulit untuk menentukan jadwal pasti forum dilaksanakan.

“Untuk kendala-kendala mungkin sedikit yang saya tahu, tapi sebelum adanya LPJ Pengukuhan ini banyak sekali Mubes dari LK seperti Psysport, Marabunta (baca: Mahasiswa Pemerhati Bumi Nusantara), dan LPM Psikogenesis juga termasuk. Mungkin adanya keterlambatan ini karena susah untuk mengatur waktu dengan organisasi lainnya,” tambahnya.

Terkait mengenai alasan tertundanya Forum LPJ Pengukuhan 2024 berdasarkan sudut pandang Kemendiklat, hingga saat ini pihak Kemendiklat belum memberikan pernyataan apapun.

Meskipun mengalami penundaan, Alfian mengungkapkan bahwa forum LPJ Inaugurasi 2024 telah resmi dibuka pada Senin (26/02) kemarin dan akan dilanjutkan pada Kamis (29/02). 

"Jadi forum LPJ Pengukuhan 2024 dibuka pada hari Senin, 26 Februari di Baruga Kema FPsi UNM," ungkapnya.

Alfian juga menjelaskan bahwa proses pelaksanaan forum LPJ berjalan dengan lancar, namun tabulasi nota keuangan yang pada saat itu dinyatakan belum rampung, sehingga Forum LPJ Pengukuhan 2024 diskors hingga Kamis (29/02) dengan catatan pihak panitia dapat melengkapi administrasi tersebut.

"Sepertinya ada miskomunikasi tentang bentuk dan sistematika rekapitulasi dan sirkulasi keuangan dan akhirnya menjadi masalah berat bagi bendahara panitia mengenai kelengkapan administrasi keuangan. Oleh karena itu, forum diskorsing sampai 29 Februari hingga pihak panitia bisa melengkapi administrasi yang diperlukan," jelasnya.

Namun dengan berbagai masalah yang ada, Alfian selaku Ketua panitia yang memimpin jalannya acara mengungkapkan perasaan senang serta harapannya atas Forum LPJ Pengukuhan 2024 yang telah dibuka. 

"Perasaannya senang, karena saya selaku Ketua Panitia dan juga teman-teman Psynvinity bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah kami lakukan melalui forum ini. Selain itu, kami juga dapat belajar bagaimana cara berdinamika. Untuk harapannya semoga apa yang menjadi evaluasi dari Pengukuhan 2024 ini bisa menjadi landasan untuk Inaugurasi selanjutnya," tutupnya. (MNY)

Posting Komentar