PKM Pengembangan Modul PFA oleh Tim PKM FPsi UNM.
Sumber: Dok. Tim PKM FPsi UNM

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu pengejawantahan dari Tri Dharma perguruan tinggi yang menjadi kewajiban bagi setiap dosen di suatu perguruan tinggi. Kegiatan tersebut dapat dilakukan secara berkala maupun kondisional. Kegiatan pengabdian ini dimaksudkan agar ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis di perguruan tinggi dapat didekatkan dengan kehidupan dan realitas sosial masyarakat di level bawah agar benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Berbagai jenis kegiatan dapat dilakukan dalam kegiatan pengabdian, baik dalam bentuk aplikasi teknologi untuk menghasilkan sebuah produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara langsung maupun transfer ilmu pengetahuan dalam bentuk penyuluhan maupun pelatihan yang diharapkan juga dapat membawa manfaat secara kognitif maupun dalam ranah perilaku masyarakat sehingga terbentuk perilaku yang lebih adaptif. 

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang kemudian disebut sebagai Program Kemitraan Masyarakat (PKM) pada tahun 2021 ini diselenggarakan secara terpadu di Provinsi Sulawesi Barat, sebagai wujud kepedulian terhadap bencana alam gempa bumi yang terjadi beberapa waktu yang lalu di provinsi ini. Secara seremonial, pembukaan kegiatan PKM ini dilakukan di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), yang berkedudukan di Kabupaten Majene pada Sabtu (28/08) lalu. Dekan Fakultas Psikologi UNM, Muh. Daud, yang selaku Ketua tim PKM Fakultas Psikologi UNM melaporkan tentang tim-tim yang akan melakukan kegiatan PKM-nya melalui beberapa tema yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam sambutannya Kepala LPMP Provinsi Sulbar, Sinar Alam, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepedulian yang ditunjukkan oleh Tim PKM Fakultas Psikologi UNM dalam wujud kegiatan pengabdian sembari berharap kegiatan serupa masih tetap akan dilakukan di Provinsi Sulbar secara umum. Kegiatan PKM terpadu ini selanjutnya dibuka secara resmi oleh Ketua LP2M UNM, Bakhrani Rauf. 

Salah satu tim PKM yang turut serta dalam kegiatan adalah tim yang mengusung tema, “PKM Pengembangan Modul Psychological First Aid (PFA)” yang terdiri atas Nurfitriany Fakhri selaku Ketua tim, Faradillah Firdaus, dan Tri Sulastri masing-masing sebagai anggota tim. Dalam kegiatannya tim PKM ini berupaya untuk melakukan pengembangan sebuah modul yang disebut modul PFA yang dapat digunakan sebagai salah satu perangkat untuk membantu proses pemulihan kondisi psikologis yang dialami oleh korban bencana alam agar dapat kembali adaptif dengan lingkungannya dan membangun perikehidupan baru yang lebih baik.  

Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu sekolah yang terdapat di Kabupaten Majene. Peserta dalam kegiatan ini menunjukkan antusiasmenya melalui keterlibatan yang maksimal dalam setiap rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh tim. Harapannya bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini masih dapat diselenggarakan pada masa-masa yang akan datang.

Posting Komentar