Sesi tanya jawab pada Talkshow Jurnalistik Dini (DJD) di ruang Pola Kantor Bupati Kab. Jeneponto, Minggu (14/05).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis


Psikogenesis, Minggu (14/05) - Berikan pemahaman mengenai "Peran Media dalam Membentuk Persepsi", Diklat Jurnalistik Dini (DJD) 2017 hadirkan dua pembicara handal yang mengulas tema dari sudut pandang jurnalistik dan psikologis. Talkshow sendiri berlangsung di Ruang Pola Kab. Jeneponto, Minggu (14/05).

Salah satu pembicara talkshow, Rahmat Herdiansya dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mengungkapkan bahwa media berperan sebagai sosial kontrol terhadap kebijakan pemerintah. "Media sebagai representatif dari masyarakat untuk mengontrol kebijakan pemerintah," tuturnya saat agenda talkshow berlangsung.

Pandangan lain datang dari Nur Fitriany Fachri selaku Dosen Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM) yang menjelaskan peran media dari sisi psikologis. Menurutnya, media adalah sarana yang digunakan untuk membentuk persepsi kemudian diolah hingga membentuk perilaku. "Persepsi adalah kunci dalam memahami dan mengingat sesuatu. Proses persepsi mengolah informasi yang ada kemudian membentuk perilaku selanjutnya, dan media adalah penyedia informasi tersebut," jelasnya.

Talkshow ini rupanya mendapat tanggapan positif dari peserta, salah satunya Muhammad Ilham asal SMAN 5 Jeneponto. Pelajar yang akrab disapa Ilham ini menjelaskan bahwa tidak sedikit manfaat dan pemahaman baru yang ia peroleh melalui Talkshow DJD 2017 LPM Psikogenesis. "Dari talkshow tadi banyak sekali manfaat yang saya peroleh tentang komunikasi dan peran media dalam membentuk persepsi masyarakat. Tadi juga pemateri sangat bagus dalam penyampaian materi, sehingga kami lebih mudah mengerti dan mencermati apa yang disampaikan dari sisi pers dan psikologi," terangnya.

Salah satu pemenang dalam lomba debat DJD 2017 ini menuturkan rasa syukur dan harapannya agar kegiatan jurnalistik dapat kembali diselenggarakan melihat besarnya manfaat yang dapat ia peroleh. "Kami juga berterimakasih kepada LPM Psikogenesis yang telah menyelenggarakan kegiatan DJD ini karena sangat bermanfaat dan berharap kedepannya tetap mengadakan kegiatan semacam ini secara intensif dan konsisten," ungkap Ilham.


Talkshow yang dirangkaikan dengan penutupan kegiatan DJD ini dihadiri sebanyak 76 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) / Sederajatnya se-Kabupaten Jeneponto. (RA)

Posting Komentar