Wishnutama, CEO Net Mediatama Televisi
Sumber: Laman Twitter Wishnutama

Psikogenesis, Kamis (31/01)- NET. merupakan siaran pertelevisian yang sedang populer di kalangan masyarakat saat ini. Berbagai macam program kekinian yang ditayangkan oleh siaran yang masih berumur lima tahun ini, seperti Ini Talkshow, The Comment, Ok Food, D'Sign dan lain sebagainya. Wishnutama merupakan sosok utama dari berdirinya perusahaan PT. NET Mediatama Televisi.

Pria yang memiliki nama lengkap Wishnutama Kusubandio merupakan CEO sekaligus pendiri dari NET. lahir pada tanggal 4 Mei 1976 di Jayapura, Papua. Wishnutama sudah menggeluti dunia pertelevisian sejak kuliah. 

Pada tahun 1993, beliau mengawali karirnya di bidang pertelevisian dengan bekerja di New England Cable News, Amerika Serikat sebagai Production Assistant. Sebelum kembali ke Indonesia, beliau menjabat sebagai Assistant Director on Air Promotion di WHDH-TV. Pada tahun 1994, beliau kembali ke Indonesia dan bekerja di Indosiar sebagai Supervisor on Air Promotion.

Tahun berikutnya, Wishnutama menjadi Producer Director. Kinerja yang baik, membuat beliau cepat naik jabatan, dan memegang jabatan Production Manager pada tahun 1999. Pada tahun 2001, Wishnutama berpindah dari Indosiar ke Trans Tv. Di Trans Tv, beliau memegang jabatan Kepala Divisi Produksi, lalu menjadi Direktur Operasional pada tahun 2004. 

Pada tahun 2006, Wishnutama ditunjuk sebagai Direktur Utama atau CEO dari Trans7. Selama menjabat sebagai CEO, beliau telah mengelolah banyak program-program yang unggul, seperti On The Spot, Opera Van Java, hingga Extravaganza. 

Pada tahun 2011, beliau menjabat sebagai Direktur dari Detik.com, lalu berhenti pada tahun 2012. Wishnutama berhenti sebagai CEO Trans7 pada tahun 2012, dan beliau ditunjuk sebagai Komisaris dari PT. Televisi Anak Spacetoon dari tahun 2012-2014. 

Pada tahun 2013, PT Net Mediatama Indonesia mengakui sisi saham kepemilikan dari PT Televisi Anak Spacetoon yang sebagian sahamnya dialih oleh Indika Group sebesar 95% dari saham kepemilikan Spacetoon. Akhirnya, pada 18 Mei 2013, siaran Spacetoon menghilang dan digantikan oleh NET. 

Dilansir dari Tempo (27/01), Wishnutama mengemukakan keinginannya agar masyarakat Indonesia mengonsumsi konten-konten pertelevisian yang berkualitas. “Jika acara televise tidak dapat mengikuti dengan perkembangan intelektualitas masyarakatnya, maka itu akan ditinggalkan. Jika khalayak semakin pintar, mereka tidak hanya ingin menonton program yang menyenangkan tapi program yang sarat nilai dan kualitas,” ungkapnya pada tahun 2014 lalu. 

Selama Wishnutama menggeluti bidang pertelevisian, beliau sudah meraup banyak penghargaan. Pada tahun 2010, beliau mendapat gelar best CEO oleh Majalah SWA. Pada tahun 2015, beliau mendapat penghargaan Marketeer of the Year Indonesia Marketing Champion pada kategori Broadcast, TV, and Media, dan menerima gelar Richtopia.com sebagai salah satu The 500 Most Influental CEOs ini the World. Pada tahun 2016 mendapat gelar The Best Chief Strategy Execution Officer Across All Industries oleh Tempo Media Group. Pada tahun 2017, beliau meraup Best Digital Talent-Digital Business Leader Bubu Awards, Indonesia's Fluential Person in Creative Industry Awards(Television and Radio) Ideal Fest 2017. Pada tahun 2018 beliau bergelar sebagai The Mist Admired CEO in Television Sector versi Warta Ekonomi dan Tokoh Pemberdayaan 2018 oleh Rumah Zakat Indonesia. 

Dikutipdari media sosial, Wishnutama pernah mengatakan bahwa, “Masa depan itu milik orang yang percaya akan mimpinya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkannya.” Dari kutipan dan berbagai penghargaan beliau tersebut, dapat menjadi cambukan untuk para pejuang mimpi di luar sana. (HLT)

Posting Komentar