Agenda Penampilan Yel Yel Kelompok dalam REAL 2020 melalui Zoom Cloud Meeting, Sabtu (19/09).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (21/09)-Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (REAL) yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Kamis-Minggu (17-20/09) kemarin mendapat berbagai tanggapan dari peserta REAL.

Salah satunya adalah Hayatul Mutmainnah Ardin, ia mengaku lega setelah mengikuti REAL.

"Karena satu tahap pengaderan telah kami lewati,” ungkapnya.

Lebih jauh bercerita, mahasiswa yang senang dipanggil Innah ini mengaku sangat bersemangat dan senang. 

"Materi-materi yang disajikan dari hari pertama betul-betul menambah wawasan kami, sehingga memberikan kami modal besar dalam menginjakkan kaki di dunia baru ini,” tambahnya.

Senada dengan Innah, mahasiswa berinisial ZEN juga mengaku senang setelah mengikuti REAL karena ZEN bisa jauh lebih mengenal kehidupan kampus, terkhususnya FPsi UNM.

“Pastinya senang. Saya dapat lebih mengenal mengenai fakultas,” ungkapnya.

Namun, di sisi lain ZEN merasa sedikit kecewa terhadap pelaksanaan REAL secara daring.

“Karena saya berharap bisa ikut offline, karena kalau offline akan lebih merasakan suasananya dan bisa lebih akrab dengan teman-teman,” akunya.

Sama halnya dengan ZEN, mahasiswa berinisial AM merasa sedikit kecewa. Hal ini disebabkan oleh sulitnya mengakses sistem daring karena alasan jaringan. 

“Tetapi kekecewaan saya terbayarkan setelah merasa bahwa kami sebagai mahasiswa baru dianggap dan disediakan wadah untuk mendapatkan informasi yang sangat bermanfaat untuk kami mahasiswa baru,” tambahnya.

Di satu sisi, AM merasa bangga menjadi bagian dari keluarga FPsi UNM hal ini dikarenakan ketatnya persaingan dengan peminat FPsi UNM yang tidak sedikit. 

"Harus melalui persaingan yang begitu ketat agar bisa menjadi bagian keluarga FPsi UNM ini,” tambahnya

Pelaksanaan REAL secara daring ini juga meninggalkan kesan bagi AM untuk kepanitiaan REAL. AM menganggap bahwa performa panita REAL 2020 sangat luar biasa dan tetap semangat menjalankan REAL di tengah pandemi.

"Mereka tetap semangat menjalankan acara REAL ini ditengah pandemi, menunjukkan bagaimana kekompakan yang telah diasah dengan baik,” ungkapnya.

Innah pun menambahkan bahwa panitia perlu untuk meningkatkan pengawasan terhadap peserta REAL dalam menaati peraturan yang ada.

"Selebihnya saya sangat senang saya sangat menikmati acara berjalan sesuai rundown yang telah dibagikan dan semua materi sangat bermanfaat bagi diri saya pribadi dan teman-teman juga,” jelasnya.

Ketiga narasumber kemudian menyampaikan harapannya agar para peserta dapat memanfaatkan ilmu yang telah diperoleh dari REAL serta bisa beradaptasi dengan baik.

"Semoga bisa meningkatkan rasa kekeluargaan, bisa beradaptasi di dunia kampus, dan mengaplikasikan apa yang telah didapatkan dari REAL 2020,” tutup AM. (OA)

Posting Komentar