Pamflet kegiatan Persona 2021.
Sumber: Laman Instagram Persona 2021.

Psikogenesis, Kamis (18/02)-Panitia kegiatan Pengembangan diri sosial dan kelekatan (Persona) 2021 tidak melaksanakan forum Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) atas arahan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM). 

Ketua panitia Persona, Fadel Muhammad menyampaikan bahwa forum LPJ Persona tidak akan dilaksanakan. Ia mengaku bahwa hal ini merupakan arahan dari BEM Kema FPsi UNM secara langsung. Fadel juga menyampaikan alasan tidak dilaksanakannya forum LPJ ini karena bertepatan dengan jadwal awal pelaksanaan Sidang Pleno III Maperwa Kema FPsi UNM yang telah dijadwalkan sebelumnya oleh Maperwa. 

"Memang sih bisa diadakan sebelum 2 minggu setelah penutupan, namun banyak juga forum mubes (baca: Musyawarah besar) dari lembaga lain yang dilaksanakan kemarin jadi memang tidak ditemukan waktu yang tepat," ungkap mahasiswa angkatan 2016 ini. 

Hal ini dibenarkan oleh Nur Siti Maghfira Maulani Nurdin selaku Menteri Pendidikan dan Pelatihan (Mendiklat) BEM Kema FPsi UNM. Mahasiswa yang akrab disapa Fira ini menyampaikan bahwa pertimbangan tidak melaksanakan forum LPJ Persona karena setelah pelaksanaan kegiatan Persona itu sudah padat dengan jadwal mubes dan waktu pleno. Ia juga menyampaikan bahwa evaluasi kegiatan dan kepanitiaan Persona akan dilakukan di Sidang Pleno III Maperwa Kema FPsi UNM. 

"Untuk evaluasi itu di pleno (baca: Sidang Pleno III Maperwa Kema FPsi UNM)," tambahnya. 

Lebih jauh, Fira memberi penjelasan bahwa berdasarkan Peraturan Eksekutif (PE), ketika panitia tidak melaksanakan forum LPJ program kerja kepanitiaan, maka kepanitiaan wajib menembuskan LPJ ke BEM Kema FPsi UNM. 

"Jadi ketika tidak diforumkan (LPJ Persona), syaratnya itu menembuskan LPJ," jelasnya. 

Sementara itu, Fadel menyampaikan bahwa LPJ Persona telah selesai dan diserahkan ke BEM Kema FPsi UNM. 

"Sudah diserahkan ke BEM tapi belum selesai direvisi," tambahnya. 

Fira pun berharap walaupun forum LPJ Persona tidak ada, kegiatan Persona tetap dapat diberikan evaluasi yang membangun. 

"Agar menjadi pertimbangan untuk kegiatan selanjutnya," harapnya. (OA)

Posting Komentar